Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BCA Kini Bisa Layani Transaksi Pakai Yuan China

Rabu, 22 Desember 2021 18:15 WIB
BCA Kini Bisa Layani Transaksi Pakai Yuan China

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama Bank Indonesia (BI) mensosialisasikan implementasi penambahan negara mitra baru dalam transaksi Local Currency Settlement (LCS), yaitu China.

Sosialisasi ini sebagai bentuk upaya peningkatan layanan BCA kepada nasabah, BCA terus memberikan update informasi seputar produk dan regulasi transaksi perbankan internasional.

Baca juga : BI Resmikan BI-Fast, Tarif Transaksi Antarbank Kini Rp 2.500

Local Currency Settlement merupakan mekanisme pembayaran perdagangan internasional menggunakan mata uang lokal negara terkait, yang sebelumnya dapat dijalankan dalam empat mata uang, yaitu rupiah, baht Thailand, ringgit Malaysia dan yen Jepang.

Saat ini sudah ada penambahan mata uang lainnya, yaitu yuan China. Penerapan Local Currency Settlement ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada penggunaan mata uang dolar Amerika Serikat (USD), baik dalam transaksi perdagangan barang dan jasa, investasi maupun transfer valas untuk kebutuhan personal.  

Baca juga : Anies Ajak Jakmania Kampanye Naik Transjakarta Ke JIS

Direktur BCA Rudy Susanto menjelaskan, dengan LCS, nasabah mendapatkan benefit kuotasi nilai tukar mata uang asing secara langsung (direct quotation) antara Indonesia dengan negara mitra, serta penyelesaian transaksi yang lebih cepat.

“Selain itu, terdapat relaksasi regulasi dalam melakukan transaksi jual beli valuta asing dalam mata uang Ringgit, Baht, dan yen terhadap rupiah,” ujar Rudy.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.