Dark/Light Mode

Biar Setara Dengan Singapura

Pengusaha Diusulkan Pake Teknologi Digital Capability Center

Rabu, 12 Desember 2018 15:35 WIB
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B.Sukamdani ( Foto : www.apindo.or.id)
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B.Sukamdani ( Foto : www.apindo.or.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - PELAKU usaha menilai Industri 4.0 yang tengah digaungkan di Indonesia, bisa mengalami peningkatan kualitas jika menerapkan teknologi Digital Capability Center (DCC).

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani percaya, dengan adanya DCC bisa mendorong peningkatan daya saing dunia usaha. Dia menyebut, untuk menerapkan teknologi DCC, dibutuhkan kerja sama yang kuat antara pembuat regulasi dengan para pengusaha. Industri 4.0 di Indonesia bisa setara dengan Singapura jika model ini bisa diterapkan.

Baca juga : Garuda Pesan 401 Xpander

“Pelaku usaha berharap pemerintah dengan pihak swasta bisa melakukan DCC agar bisa memudahkan transformasi sendiri, apabila mempunyai center tersebut,” tuturnya dalam acara CEO Forum yang bertema Embracing Industry 4.0 Opportunity di Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta.

Sekitar 150 orang dari berbagai perwakilan pimpinan perusahaan yang hadir ini nampak serius mengikuti seminar yang digelar Apindo dari pagi hingga siang. Dalam acara tersebut mereka banyak berdiskusi terkait peluang dan upaya menghadapi industri 4.0 di Indonesia. Ditegaskan Hariyadi, DCC memiliki peran yang penting dalam membantu proses transformasi dari industri 4.0 secara lebih sistematis.

Baca juga : Angkasa Pura I Genjot Sektor Pariwisata Di NTT

Industri 4.0 sendiri merupakan tren otomasi dan pertukaran berbagai data terkini dalam teknologi pabrik. Sementara DCC merupakan fasilitas pengembangan kemampuan inovatif yang dibuat oleh industri dan pemerintah. DCC sendiri sudah diterapkan di Singapura. Sumber daya manusia (SDM) akan dibekali dengan kemampuan yang disesuaikan dengan teknologi yang diterapkan oleh sektor industri. Dia juga mengungkapkan, saat ini pemimpin-pemimpin industri harus menyamakan pandangan terkait industri 4.0.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.