Dark/Light Mode

Ruangguru Edukasi 350 Ribu Orang Soal Literasi Digital

Selasa, 28 Desember 2021 18:16 WIB
Ilustrasi Ruangguru. (Foto: ist)
Ilustrasi Ruangguru. (Foto: ist)

 Sebelumnya 
Pada Januari 2021, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta atau 73,7 persen dari total populasi Indonesia. Jumlah ini mengalami kenaikan sebanyak 37 persen akibat pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak masyarakat dan memaksa untuk menggunakan internet dalam memenuhi kebutuhan utama, seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari dan juga bersekolah secara online.

Namun, peningkatan penetrasi internet ini belum diikuti dengan kemampuan literasi digital yang mumpuni sehingga memberikan banyak sekali dampak negatif, seperti penipuan, cyber bullying, dan penyebaran berita bohong.

Baca juga : Telkom Sukseskan Gerakan Akselerasi Generasi Digital

Menjawab tantangan ini, pemerintah termasuk Kemenkominfo menggagas Program Nasional Literasi Digital untuk meningkatkan literasi digital masyarakat dan menciptakan ranah digital yang ramah, aman, dan nyaman bagi kita semua. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel A. Pangerapan mengatakan, sangat bangga dapat bermitra dengan Ruangguru yang dalam waktu relatif singkat mampu menjangkau begitu banyak masyarakat dari berbagai lapisan dan membantu mensukseskan Program Nasional Literasi Digital. 

Baca juga : Tangkal Hoax, Pemda Provinsi Jabar Gelar Festival Literasi Digital 2021

Melihat tingginya minat di konten edukasi perlindungan data dan kejahatan siber, pihaknya berharap ini akan membantu Indonesia untuk meraih salah satu tujuan dari Ruang Literasi Digital, yaitu meningkatnya kemampuan masyarakat dalam ranah digital safety atau keamanan di dunia siber.

Menurut dia, asa beberapa faktor yang turut berkontribusi atas kesuksesan ini. Di setiap sesi webinar, pihaknya mengadakan survei langsung dan hasilnya menunjukkan bahwa 99 persen peserta menyatakan teredukasi melalui Bincang Literasi Digital, 75 persen peserta menyatakan penyampaian materi oleh narasumber sangat menarik, dan 76 persen menyatakan materi webinar sesuai dengan harapan.

Baca juga : Ini Tanggapan Garuda Soal Potensi Delisting Saham GIAA

“Survei ini kami lakukan untuk memastikan kualitas konten sekaligus cara penyampaian dari para pembicara agar tepat sasaran,” ujarnya.

Selain konten video dan webinar, Ruangguru juga mengadakan pengumpulan data kualitatif melalui wawancara kelompok atau focus group discussion (FGD). [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.