Dark/Light Mode

Gandeng GNLD Siberkreasi, Kementerian Kominfo Gelar Literasi Digital Di Pontianak

Selasa, 23 November 2021 14:56 WIB
Foto: Dok. Istimewa
Foto: Dok. Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam beberapa tahun terakhir, inovasi teknologi digital berkembang dengan sangat masif dan pesat yang menuntun berbagai perubahan besar yang terjadi di berbagai bidang.

Indonesia  sedang menjalankan agenda nasional transformasi digital yang diimplementasikan melalui percepatan perluasan infrastruktur digital di seluruh penjuru negeri yang juga diimbangi dengan penyiapan sumber daya manusia talenta digital.

Merespon kebutuhan tersebut, tahun ini Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi menginisiasi Program Literasi Digital Nasional yang menyasar 12,5 juta juta masyarakat di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi Indonesia.

Program ini diimplementasikan melalui berbagai kelas, lokakarya, serta seminar baik secara luring maupun daring yang mengacu pada empat pilar literasi digital, yaitu: kecakapan digital, keamanan digital; etika digital; serta budaya digital.

Baca juga : Gandeng ARFI, Kementerian PUPR Dorong Sistem Informasi Jasa Konstruksi Terintegrasi

“Berbagai fondasi yang dapat memfasilitasi transformasi digital, mulai dari infrastruktur, aplikasi, regulasi, tata kelola, hingga pengembangan teknologi penunjang. Namun semua inikuncinya ada pada SDM digital,” tutur Semuel Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Selasa (23/11).

Literasi Digital Netizen Fair 2021 (LDNF2021) yang diadakan selama dua hari secara serempak di 18 kota Indonesia akan dilaksanakan pada 23 – 24 November, untuk wilayah Pontianak Kalbar, para masyarakat Pontianak dan sekitarnya bisa datang ke Auditorium UNTAN mulai pukul13.00 – 18.00 WIB.

Untuk penyelenggaran LDNF 2021 di penghujung tahun ini menghadirkan berbagai narasumber mewakili komunitas, akademisi, publik figur, dan para pemangku kepentingan majemuk lainnya di bidang literasidigital.

Adapun tema-tema yang akan diangkat dalam kegiatan iniialah seputar konten kreator, mengenal lanskap digital dan memahami seluk beluk podcast.

Baca juga : IWAPI-Polri Gelar Vaksin Massal Di Banten

Kegiatan ini akan mendatangkan berbagai narasumber yang memiliki pakar di bidang literasi digital, seperti Tino Ame selaku KontenKreator, Irwan Phan selaku Manager 1000 Strat Up Pontianak dan Kadiskominfo Pontianak yang akan memerikan materi engenal lanskap digital serta Fahrurrazi selaku Manager IBT UNTAN yang akan memberikan literasi Netiket Masyarakat Digital.

Pelaksanaan hari kedua, akan hadir Dwi Wahyudi RTIK memberikan wawasan seputarTeknologi Merajut Toleransi dan Adi Warna Hakim (Fintech Enthusiast & Founder Abangdesa Indonesia) serta Anita Maharani yang akan memberikan paparan mengenai Aman, Nyaman dan Kreatif di Internet. Tidak ketinggalan turut hadir KOL

Eunike Fersa, Dodon Jerry, Kornelia Meilinda gunamemberikan pengalamannya di industri konten kreatif.

Sedangkan untuk memeriahkan acara, selain ulasan seputarliterasi digital, turut hadir standup comedian Reza Agustiandan Tegar Darmawan disertai live performance dari Petrus Mahendra.

Baca juga : Gandeng ILUNI UI, Bank Mandiri Kembangkan Transaksi Non-Tunai

Kegiatan Netizen Fair 2021 ini merupakan kegiatan yang gratis dan terbuka untuk umum. Seluruh masyarakat dapatmendaftar kegiatan ini melalui https://s.id/ldnfpontianak.Iformasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapatdiakses melalui info.literasidigital.id atau media sosial Siberkreasi. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.