Dark/Light Mode

Sido Muncul Raih Penghargaan Proper Emas 2021 Dari KLHK

Rabu, 29 Desember 2021 17:32 WIB
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayar (kiri)seusai mendapatkan penghargaan Proper Emas dari KLHK, Selasa (28/12). (Foto: Dok. Sido Muncul)
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayar (kiri)seusai mendapatkan penghargaan Proper Emas dari KLHK, Selasa (28/12). (Foto: Dok. Sido Muncul)

 Sebelumnya 
Selama ini,  menururt Irwan Sido Muncul selalu mengikuti semua peraturan pemerintah. Dari melakukan Efisiensi energi listrik dari ciller conventional ke ciller absorber.

"Selain itu, penurunan emisi gas buang, efisiensi air rekayasa teknologi dengan menciptakan alat herbal steam chamber, penurunan beban cemaran air (penerapan penggunaan high speed dalam proses produksi), hingga penurunan limbah non B3 dengan pemakaian mesin grinding,” jelas Irwan.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, Sido Muncul terus melakukan inovasi dan strategi untuk menjaga lingkungan sekitarnya. Kepedulian Sido Muncul terhadap lingkungan sudah ada sejak pertama kali perusahaan ini berdiri.

Baca juga : 2 Pabrik Chandra Asri Sabet PROPER Hijau 2021 Dari KLHK

‘Kami membangun Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) dan penanganan limbah padat pada 2012 dengan mengalokasikan dana hingga 30 miliar rupiah. Pembangunan IPAL sendiri jauh lebih cepat dari target semula yaitu 1,5 tahun, tapi kami selesaikan dalam kurun waktu delapan bulan," ungkap Irwan. 

Kemudian pada 2018, Sido Muncul kembali menganggarkan dana sebesar 20 miliar rupiah untuk penambahan IPAL.

Proper merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan tujuan mendorong industri agar dapat meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan, juga menekankan ketaatan terhadap peraturan lingkungan hidup.

Baca juga : Top, Petrokimia Gresik Raih Propernas Emas Pertama Dari KLHK

Proper telah mengalami transformasi dari kriteria yang hanya berupa penilaian pengendalian pencemaran air, menjadi kriteria pengusung perbaikan berkelanjutan serta daya tanggap kebencanaan.

Proper ini bertujuan untuk mendorong ketaatan industri terhadap peraturan perundangan di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Peringkat Proper terbagi menjadi dua kategori, yaitu ketaatan (Biru, Merah, Hitam) dan beyond compliance (Emas dan Hijau).

Kriteria pengeolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat dalam Proper meliputi sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, penurunan emisi dan gas rumah kaca, efisiensi air, penurunan dan pemanfaatan limbah B3.

Baca juga : Terus Jaga Lingkungan, PLN Raih 8 Proper Emas Dan 20 Proper Hijau Dari KLHK

Kriteria lainnya adalah pengelolaan 3R sampah, perlindungan keanekaragaman hayati, serta pengembangan masyarakat, dan penerapan Life Cycle Assessment serta Social Return on Investment. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.