Dark/Light Mode

Angkutan Lebaran 2019 di Bandara AP II Dipastikan Tembus 3 Juta Penumpang

Minggu, 9 Juni 2019 16:01 WIB
President Director AP II Muhammad Awaluddin (Foto: Humas AP II)
President Director AP II Muhammad Awaluddin (Foto: Humas AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama musim Angkutan Lebaran 2019, PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II telah sukses melayani tiga juta penumpang. Selain itu, juga tercatat 23.500 pergerakan pesawat di seluruh bandara yang dikelola AP II, dalam musim angkutan Lebaran tahun ini.

Sebelumnya, dalam puncak arus mudik Lebaran yang terjadi pada H-4 atau 1 Juni 2019, pergerakan penumpang naik kurang lebih 30 persen, dibanding sebelum periode angkutan Lebaran. Persentase kenaikan serupa juga diprediksi terjadi di puncak arus balik, pada H+3 atau tanggal 9 Juni 2019.

Terkait hal ini, VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II (Persero) Yado Yarismano mengatakan, jumlah pemudik dengan pesawat, biasanya semakin meningkat pada weekend menjelang Hari Raya Idul Fitri, karena ada cuti bersama. Selain itu, anak-anak juga sudah libur sekolah.

Menurutnya, kenaikan jumlah pemudik pesawat, juga akan terjadi lagi pada weekend setelah arus balik.

"Moda transportasi pesawat unggul dari sisi kecepatan waktu, sehingga pemudik lebih fleksibel memilih jadwal keberangkatan. Untuk arus balik, pemudik dengan pesawat diimbau untuk tiba lebih awal di bandara, sekitar 1-2 jam sebelum jadwal penerbangan. Hal ini ditujukan agar proses keberangkatan dapat berjalan lancar," kata Yado, dalam keterangan tertulis yang diterima RMco.id, Minggu (9/6).

Antrean check-in penumpang pesawat, biasanya mengular di musim liburan (Foto: Humas AP II)

Baca juga : Lebaran, Trafik Data Telkomsel Naik 12 Persen

“Di samping itu, kami juga menyarankan agar pemudik melakukan check-in terlebih dahulu melalui mobile atau website, apabila fasilitasnya memang disediakan oleh maskapai. Di Soekarno-Hatta, juga tersedia fasilitas self check-in untuk memudahkan pemudik,” imbuhnya.

Sementara itu, President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, dalam musim libur tahun ini, peningkatan pergerakan penumpang terbagi menjadi dua periode.

Pertama, ketika libur Lebaran Idul Fitri di awal Juni 2019. Kedua, ketika liburan anak sekolah di sekitar minggu ketiga Juni 2019.

"Kami juga menyediakan berbagai fasilitas baru di Bandara Soekarno-Hatta, guna memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk liburan nanti. Mulai dari lounge digital yang dikenal dengan nama iMATE Lounge di Terminal 1, 2, dan 3, hingga adanya Halal Park di Terminal 3," tutur Awaluddin.

Petugas membantu calon penumpang pesawat mengoperasikan Sleeping Pod di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Sleeping Pod adalah tempat tidur umum digital yang disediakan AP II untuk para penumpang yang menunggu penerbangan. (Foto: Antara)

Berikut sejumlah fasilitas baru yang ada di Soekarno-Hatta guna menghadirkan pengalaman terbang yang menyenangkan:

Baca juga : Silaturahmi Ke Keluarga Tokoh Bangsa, AHY Dan Ibas Banjir Pujian

1. i-Millennial Airport Travel Experience Lounge (iMATE Lounge)

2. Airsport yang merupakan area bermain game online

3. Halal Park di Plaza Terminal 3

4. Hotel Kapsul di Terminal 3

5. Sleeping Pods di Terminal 3

Baca juga : Inilah 28 Laporan Pilot Soal Balon Udara Yang Mengancam Keselamatan Penerbangan

6. Skuter listrik GrabWheels di Terminal 3

7. Reading Corner

AP II juga memiliki aplikasi Indonesia Airports yang dapat diunduh di iOS dan Android. Aplikasi ini memudahkan kita untuk mengetahui berbagai fasilitas dan tenant yang ada di bandara, memesan taksi, hingga mengetahui jadwal keberangkatan kereta bandara dan Skytrain di Soekarno-Hatta dan masih banyak lagi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.