Dark/Light Mode

Lebaran, Trafik Data Telkomsel Naik 12 Persen

Jumat, 7 Juni 2019 20:45 WIB
Jajaran Direksi Telkom Group dan Telkomsel saat melakukan pengecekan di posko Ramadan dan Idul Fitri  2019 guna memantau pergerakan dan lonjakan trafik komunikasi. (Foto: Telkomsel)
Jajaran Direksi Telkom Group dan Telkomsel saat melakukan pengecekan di posko Ramadan dan Idul Fitri 2019 guna memantau pergerakan dan lonjakan trafik komunikasi. (Foto: Telkomsel)

RM.id  Rakyat Merdeka - Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Lebaran menjadi 19,30 Petabyte atau naik 12.3 persen jika dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari normal. Jika dibandingkan Lebaran tahun lalu, trafik layanan ini mengalami kenaikan sekitar 49,8 persen.

Rata-rata lonjakan tertinggi terjadi di antara pukul 00:00 hingga 06:00 atau pada saat sahur. Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Jawa Tengah dengan peningkatan 44,0 persen dibandingkan hari normal, diikuti wilayah Jawa Barat 31,2 persen dan Jawa Timur 26,9 persen.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, penggunaan layanan data pada di momen Lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik, seperti Exit Tol Pejagan, Pompa Bensin Gentong Tasikmalaya, Rumah Makan Lestari Banjarnegara, Bandara Adi Soemarmo dan Rest Area Adiwerna km 287 Tegal. Lonjakan serupa juga terjadi di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, di antaranya Pantai Tirtamaya Indaramayu, Pantai Santolo Garut, Rekreasi Kota Bunga Puncak, Rekreasi Pangandaran–Batu Keras dan Taman Wisata Linggarjati Kuningan.

Baca juga : H-1 Lebaran, Jalur Puncak-Bogor Ramai Lancar

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang beraktivitas di media social mencapai 30,4 persen. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk menyaksikan film atau video secara streaming dengan kontribusi sebesar 28,7 persen.

Sementara itu, komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 15,7 persen terhadap penggunaan layanan data. Pada layanan video streaming, salah satu kontributor meningkatnya konsumsi kuota data adalah aktivitas pelanggan yang melihat Youtube.

Khusus layanan media sosial kontributor meningkatnya konsumsi kuota data didominasi Facebook dan Instagram. Sementara itu, beberapa ragam aplikasi lain yang menjadi favorit pelanggan selama periode Lebaran tahun ini adalah Google Service yang memiliki andil terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 7,7 persen, diikuti Mobile Legend dan TikTok masing-masing sebesar 1,1 persen.

Baca juga : 7 Ribu Orang Ikut Mudik Gratis Telkomsel

“Kami bersyukur dapat melayani pelanggan dan masyarakat dengan baik mulai dari awal Ramadan hingga puncak Lebaran,” ujarnya di Jakarta, Jumat (7/6).

Abe-sapaan Denny Abidin-mengatakan, untuk memberikan layanan data yang lebih cepat dan stabil, Telkomsel memperluas layanan 4G LTE ke lebih 500 Ibu Kota/Kabupaten di mana 97 persen telah menjangkau Ibu Kota Kecamatan. Sehingga 93 persen populasi di Indonesia telah terlayani 4G Telkomsel. Selain itu, Telkomsel juga memberikan bonus kuota internet 4G hingga 30Gb khusus untuk pelanggan yang menukarkan kartu 4G.  

Untuk layanan suara mengalami penurunan sebesar -14,9 persen menjadi 1.05 miliar menit dibandingkan hari normal. Layanan SMS juga turun -3,7 persen menjadi 531 juta SMS. Dari sisi kualitas layanan, tingkat keberhasilan koneksi data, pengiriman SMS, dan panggilan suara masing-masing mencapai  99,69 persen, 99,70 persen, dan 98,52 persen.  

Baca juga : Kado Lebaran, Harga Rumah Di Papua Naik Paling Tinggi

Sementara itu, wilayah-wilayah yang paling banyak menerima kedatangan pelanggan dari wilayah lainnya pada periode mudik Lebaran tahun ini adalah Jawa Tengah dengan 2,80 juta pelanggan, Jawa Barat 1,57 juta pelanggan, dan Jawa Timur  1,28 juta pelanggan. Untuk mengantisipasi tingginya peggunaan layanan komunikasi pada periode Ramadan dan Idul Fitri 2019, sejak jauh-jauh hari Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan.

Telkomsel telah melakukan perluasan cakupan, penambahan kapasitas, dan peningkatan kualitas jaringan di 557 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama (point of interest), yang meliputi Bandara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal. Beberapa aktivitas kesiapan infrastruktur yang dilakukan Telkomsel antara lain membangun 10.000 BTS multiband LTE, mengoperasikan 70 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 15 persen dari kapasitas existing menjadi 4.700 Gbps, menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Dari sisi produk dan layanan, Telkomsel berupaya menjaga ketersediaan kartu perdana dan layanan isi ulang pulsa sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Seluruh kanal pelayanan Telkomsel juga bersiaga melayani pelanggan, di antaranya 425 GraPARI Telkomsel Siaga, 493 Mobile GraPARI yang terdiri dari 324 armada mobil dan 169 armada motor, 111 unit layanan digital self-service MyGraPARI, 831 kantor pelayanan mitra distributor, dan 3.779 Outlet Siaga. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.