Dark/Light Mode

Lakukan Penghijauan Di Bukit Suligi, PTPN V Tanam 5 Ribu Bibit Tanaman Hutan Dan Buah-Buahan

Senin, 10 Januari 2022 18:34 WIB
Foto: PTPN V.
Foto: PTPN V.

 Sebelumnya 
Bukit Suligi memiliki total luas mencapai 45.000 hektare sejatinya menyimpan sejuta pesona. Ada sejumlah air terjun indah dan pemandangan menakjubkan dari ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, yang dikenal sebagai Bukit Di Atas Awan.

Kedua bentang alam itu begitu menakjubkan para wisatawan. Namun, perubahan fungsi kawasan hutan menjadi ancaman tersendiri yang harus segera dicarikan solusi.

Baca juga : Cegah Bencana, BNPB Tanam Ribuan Bibit Pohon Di Pantai Cilacap

Chief Executive Officer PTPN V Jatmiko Santosa mengatakan, menjadi sebuah kehormatan bagi perusahaan untuk dapat terlibat langsung dalam pemulihan salah satu harta terpendam Riau tersebut. Menurutnya, PTPN V sangat serius dalam hal keberlanjutan dan konsep green economy.

"Sebagai perusahaan milik negara, ini adalah bentuk nyata akan perhatian kita dalam merealisasikan kedua hal tersebut. Semoga langkah kecil kami menjadi awal dari sebuah program besar membawa kebaikan bersama dan mengembalikan fungsi Bukit Suligi," ujar Jatmiko. 

Baca juga : Hilangkan Kejenuhan Anak Di Masa Pandemi, Orangtua Kudu Ciptakan Momen Bahagia

Kepala Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu, Darwadi berharap program yang diusung PTPN V melibatkan berbagai pihak dapat membantu menghijaukan kembali kawasan itu, selain juga menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat melalui penerapan agroforestri.

"Mudah-mudahan masyarakat dan petani sekitar desa dapat merasakan manfaat besar program ini. Kami juga berharap PTPN V dan Pemerintah juga dapat terus memberikan bimbingan agar kita benar-benar bisa merasakan manfaat besar itu," tuturnya.

Baca juga : Riko Simanjuntak Beri Pesan Buat The Jakmania

Mahasiswa Pecinta Alam Humendala Fakultas Ekonomi Universitas Riau juga begitu antusias terlibat aktif dalam program tersebut. Bahkan, belasan mahasiswa tersebut rela mendirikan tenda dan bermalam di dalam kawasan hutan agar dapat menanam ribuan pohon bersama masyarakat. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.