Dark/Light Mode

Ini Strategi Bisnis PTPN Group Menuju Swasembada Gula Nasional

Minggu, 16 Januari 2022 10:57 WIB
Foto: PTPN.
Foto: PTPN.

RM.id  Rakyat Merdeka - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) sudah menyiapkan strategi bertahap untuk mencapai swasembada gula nasional. Strategi tersebut di antaranya dengan melakukan restrukturisasi bisnis.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) M. Abdul Ghani menjelaskan, restrukturisasi bisnis gula yang dilakukan merupakan upaya strategis untuk menjawab tantangan ketahanan gula nasional.

Restrukturisasi bisnis gula tersebut merupakan bagian dari 88 Program Strategis Kementerian BUMN masa bakti Kabinet Indonesia Maju 2020-2024.

Baca juga : Ini 5 Strategi LPDB-KUMKM Percepat Penyaluran Permodalan

"Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) memiliki tanggung jawab dalam melipatgandakan produksi gula menjadi 1,8 juta ton untuk mendukung swasembada gula konsumsi tahun 2025 sekaligus menyejahterakan petani tebu rakyat," papar Abdul Ghani dalam keterangannya, dikutip Minggu (16/1).

Langkah strategis yang telah dilakukan Holding Perkebunan Nusantara adalah membentuk PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) pada 17 Agustus 2021 yang lalu. 

PT SGN merupakan gabungan tujuh anak perusahaan pengelola perkebunan tebu, yaitu PTPN II di Sumatera Utara, PTPN VII di Lampung, PTPN IX di Jawa Tengah, PTPN X, PTPN XI, dan PTPN XII di Jawa Timur, serta PTPN XIV di Sulawesi Selatan.

Baca juga : Kementan Pertegas Langkah Strategis Penguatan Kesehatan Hewan Nasional

Pembentukan PT SGN ini memiliki 3 inisiatif utama yaitu modernisasi pabrik gula, intensifikasi melalui peningkatan produktivitas, serta ekstensifikasi lahan dengan cara sinergi BUMN dan program kemitraan dengan petani tebu.

"Dengan demikian, persoalan disparitas kinerja pabrik gula PTPN dapat terselesaikan. Tahun 2021, sebelum transformasi bisnis gula dilakukan, sebenarnya beberapa pabrik gula kami sudah memiliki kinerja optimum dengan harga pokok produksi sekitar Rp 8.000,” ungkapnya.

Restrukturisasi bisnis gula PTPN melalui pembentukan PT SGN akan meningkatkan kemandirian gula nasional dan menyejahterakan petani. Selama ini sumber pasokan tebu PTPN berasal dari HGU sendiri dan bekerja sama dengan Petani Rakyat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.