Dark/Light Mode

Ini 5 Strategi LPDB-KUMKM Percepat Penyaluran Permodalan

Rabu, 12 Januari 2022 23:21 WIB
Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo (Foto: Ist)
Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hingga awal tahun ini, Indonesia masih menghadapi dampak pandemi Covid-19, khususnya di sektor ekonomi. Koperasi dan UMKM di Indonesia masih membutuhkan uluran tangan pemerintah.

Salah satunya, permodalan dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir, Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM), yang merupakan kepanjangan tangan pemerintah dalam membantu meningkatkan perekonomian di daerah.

Baca juga : Mentan Genjot Produksi Padi Lewat Percepatan Tanam Dan Panen Empat Kali Setahun

"LPDB-KUMKM terus mengupayakan dukungan permodalan bagi koperasi dan UMKM agar terus bertahan menghadapi pandemi Covid-19," ujar Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo, Rabu (12/1).

Upaya itu, dilakukan melalui lima strategi percepatan penyaluran permodalan untuk pemulihan dan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga : Begini Strategi PLN Amankan Pasokan Batubara

Strategi pertama, perluasan penyaluran melalui komunitas. Kedua, melakukan fleksibilitas layanan dengan memberikan tarif murah. Berikutnya ketiga, pemberian grace period. Keempat, fokus kepada koperasi sektor riil di bidang pertanian, perikanan, dan peternakan.

Sementara yang kelima, melakukan pengembangan skema venture approach untuk mendorong koperasi di bidang pangan atau berbasis ekspor, dan optimalisasi peran koperasi besar untuk memberikan multiplier effect.

Baca juga : Presiden Teken Perpres Percepatan Pembangunan

Strategi dan kebijakan tersebut dirancang untuk melindungi dan memulihkan UMKM di tengah pandemi Covid-19 melalui wadah koperasi.

"Saat ini negara sedang menghadapi pandemi yang berdampak besar terhadap perlambatan ekonomi, sehingga LPDB-KUMKM diminta hadir menjadi salah satu buffer ekonomi dengan tetap berkomitmen menyalurkan target Rp 1,8 triliun dana bergulir di tahun 2022," tandasnya. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.