Dewan Pers

Dark/Light Mode

Catat! Harga Nama Domain .id Naik Per 1 April 2022

Rabu, 19 Januari 2022 21:53 WIB
Domain .id (Foto: Dok. PANDI)
Domain .id (Foto: Dok. PANDI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menetapkan harga baru domain .id di pasaran berada di angka Rp 300 ribuan dan akan berlaku per 1 April 2022. Hal ini disampaikan langsung kepada seluruh Mitra Penjualan (Registrar) PANDI, yang dilakukan secara daring, Senin (10/1).

Deputi Pengembangan Usaha, Kerja Sama, dan Pemasaran PANDI Gunawan Tyas Jatmiko menuturkan, penetapan harga baru nama domain .id seharusnya diberlakukan tahun lalu, namun terkendala pandemi Covid-19. PANDI kemudian mengambil kebijakan untuk menunda penyesuaian harga tersebut.

Berita Terkait : Harga Pangan Pada Naik, DPRD Panggil Pemprov Jakarta

“Perubahan harga seharusnya dilakukan pada tahun 2021, hingga pada akhirnya pandemi Covid-19 melanda dunia. Setelah menimbang dengan matang, maka PANDI memutuskan untuk menunda sementara kenaikan harga tersebut hingga situasi kondusif. Dan pada tahun inilah kami mengimplementasikan harga terbaru,” ungkap Gunawan, dalam keterangan yang diterima RM.id, Rabu (19/1).

PANDI berharap, dengan adanya penyesuaian harga tersebut, bisa meningkatkan pelayanan nama domain .id sehingga bisa menjadi Registri kelas dunia yang mampu bersaing secara internasional.

Berita Terkait : Hendra Mimpi Bisa Lebih Baik Di 2022

“Harapannya kami bisa terus meningkatkan pelayanan nama domain .id kepada masyarakat dan juga nama domain .id bisa bersiang di kancah internasional hingga bisa membuat bendera indonesia berkibar di ranah digital,” pungkas Gunawan. [USU]