Dark/Light Mode

Harga Pangan Pada Naik, DPRD Panggil Pemprov Jakarta

Rabu, 5 Januari 2022 22:00 WIB
Ketua Komisi B Bidang Perekonomian DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz. (Foto: Ist)
Ketua Komisi B Bidang Perekonomian DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Awal tahun harga bahan pokok di Jakarta mengalami kenaikan. DPRD DKI Jakarta akan memanggil jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk menjelaskan mengenai kenaikan harga pangan tersebut.

Hal itu diungkap Ketua Komisi B Bidang Perekonomian DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz. Jajaran Pemprov DKI yang akan dipanggil di antaranya Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI, BUMD Perumda Pasar Jaya, Dharma Jaya, dan Food Station.

"Kita akan mengagendakan rapat besok pukul 10.00 WIB tentang evaluasi tahun lalu dan rencana tahun ini. Di dalamnya ada kenaikan harga telur, cabai, ini bagaimana antisipasi Pemda ke depan," kata Aziz di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (5/1).

Baca juga : Walah, Angin Bawa Kebetan Di Sidang Pemeriksaan Terdakwa

Dalam jangka pendek, Pemprov DKI telah menyiapkan operasi pasar untuk menjaga stok dan menekan kenaikan harga pangan. Aziz menyatakan DPRD membutuhkan penjelasan program jangka panjang yang akan dilakukan.

"Kalau kita bicara subsisidi ini, kita bicara jangka panjang. Kalau jangka pendek kan operasi pasar. Karena begini, ini banyak kaitannya dengan penyimpanan atau cold storage untuk barang-barang yang memang fluktuatif," ucapnya.

"Kita akan cek apakah di sana stoknya cukup untuk barang-barang yang memang fluktuatif harganya, untuk melaksanakan operasi pasar, itu perlu kita tanya," sambung Aziz.

Baca juga : Hadapi Persaingan Usaha Listrik Di 2022, PLN Rumuskan Business Outlook

Sebagai informasi, dilihat dari laman infopangan.jakarta.go.id per Rabu, 5 Januari, sejumlah jenis beras seperti beras IR. I naik menjadi Rp 11.497 per kilogram, beras IR. III Rp 9.655 per kilogram, dan beras Muncul Rp 12.031 per kilogram.

Selain itu, harga cabe rawit hijau juga naik menjadi Rp 59.574 per kilogram, bawang putih Rp 30.176 per kilogram, tepung terigu Rp 8.340 per kilogram, kentang Rp 15.659 per kilogram, kelapa kupas Rp 9.363 per butir.

Kemudian, harga daging sapi has paha belakang naik menjadi Rp 133.068 per kilogram, daging sapi murni Rp 128.085 per kilogram, ikan bandeng Rp 38.731 per kilogram, ikan lele Rp 26.150 per kilogram. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.