Dark/Light Mode

Hari Ini Landasan Pacu Mulai Dibor

Perbaikan Bandara Halim Ditarget Rampung 4 Bulan

Kamis, 27 Januari 2022 08:33 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma. (Foto: Istimewa).
Bandara Halim Perdanakusuma. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Internasional Halim Perdanakusuma di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, ditutup sementara mulai kemarin. Penutupan ini dilakukan untuk proses revitalisasi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan proses revitalisasi landasan pacu (runway) Bandara Halim Perdanakusuma rampung dalam waktu 4 bulan.

BKS-sapaan Budi Karya Sumadi, mengatakan, revitalisasi dilakukan karena tata letak dan manajemen pengelolaan air di sekitar Bandara Halim perlu diperbaiki.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (kiri) saat Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin. Raker membahas pelaksanaan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) Tahun Anggaran 2021 dan Program Kerja Tahun 2022. (Foto: DWI PAMBUDO/RAKYAT MERDEKA).

Baca juga : Bandara Bintan Baru Ditarget Rampung 2023

“Tata letaknya juga tidak baik, jadi kami koordinasi dengan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) untuk manajemen pengelolaan air di sekitaran Halim. Sekarang akan dilakukan agar runway bisa direnovasi 3 sampai 4 bulan,” jelas BKS dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR di Jakarta, kemarin.

BKS mengaku, revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma dilakukan atas permintaan Presiden Jokowi. Pasalnya, bandara yang masuk dalam lingkungan TNI Angkatan Udara (AU) ini sering digunakan untuk menerima tamu negara.

Terkait peralihan rute penerbangan dari Halim ke Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), BKS telah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura (AP) II.

Baca juga : Ini 4 Alasan Sinovac Tak Bisa Diremehkan, Salah Satunya Mampu Mengenali Varian Omicron

Dari hasil komunikasi, dia memastikan kapasitas Bandara Soetta cukup untuk menampung pergerakan pesawat yang dialihkan dari Halim.

Tak hanya Bandara Halim, BKS bilang, Ruang VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai juga direnovasi atas permintaan kepala negara. Ini dilakukan, demi menjamu tamu kenegaraan yang kemungkinan akan banyak berdatangan ke Bali.

Menurutnya, renovasi ruangan VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai akan memakan waktu lebih dari 6 bulan.

Baca juga : Kemendagri Turun Tangan Mediasi Perbaikan Jalan Rusak Di Kudus

Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Marsma Nandang Sukarna mengatakan, revitalisasi bakal berlangsung selama kurang lebih 3,5 bulan.

Selama proses revitalisasi, aktivitas keberangkatan dan kedatangan penumpang dihentikan sementara dan dialihkan ke Bandara Soetta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.