Dark/Light Mode

Hari Ini Landasan Pacu Mulai Dibor

Perbaikan Bandara Halim Ditarget Rampung 4 Bulan

Kamis, 27 Januari 2022 08:33 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma. (Foto: Istimewa).
Bandara Halim Perdanakusuma. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Alat-alat berat sudah masuk sejak tanggal 18 Januari dan juga sudah ditempatkan,” kata Nandang di Jakarta Timur, kemarin.

Yang direnovasi antara lain, sebagian area apron, area VVIP, VIP hingga bagian drainase atau saluran air yang berada di bawah landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma.

Tahap awal pengerjaan, mengecek area landasan pacu yang akan dilakukan hari ini. Setelah pengecekan dipastikan selesai, pengerjaan revitalisasi segera dimulai.

“Hari Kamis (besok) sudah ada pengeboran di area landasan pacu dari pihak pemborong, vendornya,” ujar Nandang.

Baca juga : Bandara Bintan Baru Ditarget Rampung 2023

Menurut dia, kondisi di Bandara Halim kini lengang, karena tak ada lagi aktivitas keberangkatan dan kedatangan penumpang. Itu sebabnya, sejumlah tenan menutup gerai mereka.

“Banyak (tenan) yang sudah tutup, kecuali Indomaret dan Alfa Express. Ya ada juga sebagian kecil tenan makanan dan minuman masih buka untuk melayani karyawan yang tetap beraktivitas,” katanya.

Nandang menuturkan, revitalisasi ini bertujuan untuk memperbaiki fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma maupun pangkalan udara TNI. Tujuannya untuk meningkatkan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan saat beroperasi kembali melayani penerbangan.

Guna mengantisipasi ada warga yang belum mengetahui penutupan, pihak Maskapai Batik Air serta Citilink sudah menyediakan posko informasi di lokasi.

Baca juga : Ini 4 Alasan Sinovac Tak Bisa Diremehkan, Salah Satunya Mampu Mengenali Varian Omicron

“Informasi pembelian tiket, reschedule ataupun clear road, real time atau bahkan refund untuk kebijakan masing-masing maskapai,” tuturnya.

Selanjutnya, operasional penerbangan akan direlokasi ke bandara lain, seperti Bandara Soetta, Bandara Husein Sastranegara, Bandara Kertajati, Bandara Budiarto dan Bandara Pondok Cabe.

Sejak beberapa bulan lalu, Kemenhub bersama TNI AU telah berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan, dalam rangka mengantisipasi dampak dari berhentinya operasional pelayanan penerbangan di Bandara Halim.

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara meminta kepada operator bandara dan maskapai untuk menyiapkan langkah-langkah penanganan penumpang.

Baca juga : Kemendagri Turun Tangan Mediasi Perbaikan Jalan Rusak Di Kudus

Misalnya, pembatalan penerbangan, refund tiket, pengalihan rute penerbangan, dan lain sebagainya, imbas penghentian sementara Bandara Halim Perdanakusuma. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.