Dark/Light Mode

Ngobrol Bareng Pedagang Di Bekasi

Erick Minta UMKM Tak Ciut Hadapi Lonjakan Covid

Rabu, 2 Februari 2022 20:07 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat ngobrol bareng Paguyuban Pedagang Bakso di Cikarang Timur, Rabu (2/2).
Menteri BUMN Erick Thohir saat ngobrol bareng Paguyuban Pedagang Bakso di Cikarang Timur, Rabu (2/2).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak para pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tetap semangat dalam menghadapi situasi yang terjadi saat ini.

Erick menyebut, geliat perekonomian mulai kembali tumbuh, pasca dilanda tekanan hebat saat pandemi yang terjadi tahun lalu.

 

Baca juga : Benda Yang Ditemukan Di Laut Natuna Tongkang Mirip Tank, Tak Ada Senjata

 

"Kebersamaan dan gotong royong jadi kunci utama kita bisa melewati tantangan pandemi tahun lalu. Padahal, negara-negara lain memandang remeh penanganan pandemi kita. Tapi, nyatanya kita terbukti sebagai salah satu negara dengan penanganan pandemi terbaik," ujar Erick saat berdialog dengan Paguyuban Pedagang Bakso di Cikarang Timur dan UMKM, pemilik kios, serta pedagang di Mega Mall Bekasi, Jawa Barat, Rabu (2/2).

Erick meminta para pelaku UMKM, agar tetap semangat dan tak putus asa melihat tren meningkatnya kasus Covid-19 varian Omicron saat ini.

Baca juga : Menkes Pastikan Kesiapan RS Hadapi Lonjakan Kasus Omicron

Erick menilai, penerapan protokol kesehatan menjadi hal yang wajib dilakukan dalam mengantisipasi situasi peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron. Kata Erick, pemerintah dan BUMN juga tak tinggal diam dalam menjaga keberlangsungan usaha para pelaku UMKM.

Di Cikarang Timur, Erick menyaksikan kerja sama fasilitas pembiayaan dari BRI kepada Paguyuban Pedagang Bakso. Sementara Bank Mandiri melakukan kerja sama serupa dalam memberikan pembiayaan kepada pelaku UMKM, pemilik kios dan pedagang di Mega Mall Bekasi.

Erick berharap, dukungan pembiayaan dapat membantu para pelaku UMKM untuk tetap menjalankan usahanya dan diharapkan dapat naik kelas.

Baca juga : KSP Pastikan Pemerintah Siap Hadapi Lonjakan Omicron

"Saya berharap UMKM, pemilik kios, dan pedagang dapat memanfaatkan bantuan pembiayaan untuk menjaga keberlangsungan usaha dan meningkatkan skala usahanya," ucap Erick.

Sebagai tulang punggung perekonomian bangsa, Erick menyebut peranan vital UMKM dalam menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bagi Erick, keberpihakan terhadap UMKM merupakan hal yang tidak bisa ditawar, terlebih di masa krisis akibat pandemi saat ini.

"Kita harus bangun optimisme UMKM saat Omicron naik. Kita sudah terbukti berhasil dalam penanganan pandemi tahun lalu. Itu yang akan tetap kita tunjukkan kepada dunia, bahwa kita mampu melakukan penanganan dengan baik," kata Erick. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.