Dark/Light Mode

Kemenhub Minta Maskapai Sosialisasikan Penerbangan Codeshare

Jumat, 14 Juni 2019 20:32 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti. (Foto: Net)
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti. (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka -
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menilai penerbangan codeshare adalah salah satu cara untuk memaksimalkan layanan. Selain itu, untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pengembangan jaringan rute penerbangan internasional dan domestik.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti, penerbangan codeshare harus disosialisasikan kepada calon jasa pengguna angkutan udara. “Penerbangan codeshare ini harus diinformasikan kepada penumpang dari mulai proses pemesanan tiket hingga pelaksanaan penerbangan, yaitu diumumkan dalam penerbangan,” jelas Polana di Jakarta, Jumat (14/6).

Baca juga : Kemenhub: Tak Benar China Airlines Layani Penerbangan Jakarta-Makassar

Untuk diketahui, codeshare merupakan perjanjian kerja sama pelayanan penerbangan antara dua maskapai atau lebih dalam melayani satu rute penerbangan. Untuk penerbangan codeshare, masing-masing maskapai dapat menjual tiket penerbangan di rute yang sama, namun hanya satu maskapai yang mengoperasikan penerbangan di rute tersebut. 

Penerbangan codeshare memiliki nomor dan kode penerbangan yang berbeda untuk masing-masing maskapai. Penerbangan codeshare dapat dilaksanakan pada rute internasional dan domestik. 

Baca juga : Ketua Dewan Pers Minta Media Jadi Pendingin

Sebagai pelaksana penerbangan codeshare domestik haruslah perusahaan penerbangan nasional. Maskapai asing hanya bertindak sebagai pihak pemasar (marketing carrier), sedangkan perusahaan penerbangan nasional sebagai pelaksana operasi (operating carrier).

Menurut Polana, pelaksanaan penerbangan codeshare biasa dilakukan oleh airline dalam satu aliansi atau group. (Misalnya Sky Team, One World, dan Star Alliance). Garuda merupakan anggota dari Sky Team.

Baca juga : Menhub Ungkap Kunci Keberhasilan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2019

Lebih lanjut ditegaskan oleh Polana agar seluruh maskapai meningkatkan pelayanannya dengan tetap mengutamakan tiga aspek utama penerbangan yakni keselamatan, keamanan dan pelayanan.

“Keselamatan penerbangan merupakan tanggung jawab bersama. Semuanya harus berkerjasama dalam menciptakan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman,” tutup Polana. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.