Dark/Light Mode

Waskita Karya Dan Konsorsium JGC Garap Proyek Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap

Senin, 7 Februari 2022 12:28 WIB
Ilustrasi tol. (Foto: ist)
Ilustrasi tol. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Waskita Karya (Persero) Tbk bersama konsorsium, memenangkan lelang pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, melalui pendirian Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Gedebage Cilacap (PT JGC). 

Adapun mayoritas saham JGC ini dimiliki oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Dayamulia Turangga, PT Gama Group, PT PP (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Jasa Sarana dan Waskita. Pada konsorsium ini Waskita memiliki saham minoritas sebanyak 12.191 lembar saham atau setara dengan 20,00 persen kepemilikan pada JGC.

Baca juga : Menperin Minta Kawasan Industri Pakai Produk Lokal

"Dengan pendirian JGC ini, diharapkan akan memberikan peluang bagi Waskita untuk mendapatkan porsi konstruksi dalam pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap," ucap Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono dalam siaran persnya, Senin (7/2).

Selain itu, pendirian JGC ini sejalan dengan strategi transformasi bisnis Waskita, yang saat ini lebih fokus mengerjakan proyek-proyek dengan porsi kepemilikan minoritas dan berisiko rendah.

Baca juga : Waskita Karya Pastikan Proyek Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Rampung Tepat Waktu

Destiawan mengatakan, keikutsertaan Waskita pada konsorsium ini masih berfokus pada proyek-proyek infrastruktur dalam skala minoritas. Serta berperan aktif dalam proses konstruksinya, sehingga target kontrak baru jasa konstruksi dapat tercapai pada 2022.

Ia menegaskan, dengan berbekal dukungan dari pemerintah serta kesuksesan implementasi 8 stream penyehatan keuangan Waskita pada tahun lalu, pihaknya akan terus berkomitmen untuk  meningkatkan kinerja keuangan yang berkelanjutan.

Baca juga : Diungkapkan Ketua KPK, Suap Proyek Walkot Bekasi Libatkan Banyak Pihak

"Terutama dengan fokus pada bisnis operasional di tahun ini, dan mengutamakan prinsip GCG (Good Corporate Governance), serta manajemen risiko dalam setiap proses pemilihan kontrak baru,” jelas Destiawan. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.