Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HIPMI Bogor Center Jadi Wadah Pelaku Usaha Berkembang

Rabu, 9 Februari 2022 07:06 WIB
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sinergi antar pelaku usaha saat ini sangat dibutuhkan untuk membantu menyerap tenaga kerja dan memutar roda ekonomi. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Cabang Kota Bogor tengah menyiapkan wadahnya.

Ketua Umum HIPMI Kota Bogor Marwan Suherwan menjelaskan, saat ini pihaknya sedang membangun HIPMI Bogor Center. Yaitu tempat dan sarana untuk bertukar pikiran hingga media bertemunya para pengusaha serta investor.

"HIPMI Bogor Center diharapkan nantinya bisa menjadi kiblat para kaum milenial yang mencari mentor hingga praktisi-praktisi pengusaha," ujar Marwan di Bogor dikutip Selasa (8/2).

HIPMI Bogor Center disiapkan juga untuk menggodok sebanyak 1.000 start up atau perusahaan rintisan. Perusahaan rintisan di sini bisa dimulai tanpa modal besar. Tentu akan diberikan pemahaman untuk mampu mengelola perusahaan dengan baik serta memahami pola-pola bisnis modern dengan benar.

Baca juga : PPJI Expo 2022 Jadi Momen Kebangkitan Pelaku Usaha Jasa Boga

"Sehingga usaha atau jasa apapun, asalkan paham cara menjalankannya, maka akan berpotensi menyerap banyak tenaga kerja," katanya.

Dalam kegiatan HIPMI Bogor Center akan meliputi, HIPMI Akademi, HIPMI School, Inkubator bisnis, Meet the Investor hingga virtual office. Untuk HIPMI akademi sudah berjalan selama 4 tahun dan berhasil menelurkan para pengusaha muda baru, diantaranya adalah usaha minuman AuthenTea.

AuthenTea merupakan minuman cita rasa nusantara yang diracik dengan kemasan kekinian. Sedangkan HIPMI School, adalah pelatihan kepada calon pengusaha yang berusia SMA atau sederajat di mana nantinya bagi perencanaan bisnis yang sudah matang akan dilanjutkan dalam program HIPMI inkubator untuk memperoleh dukungan operasional usaha.

Saat ini, kumpulan pengusaha milenial tersebut sudah menjalin MoU atau nota kesepahaman dengan berbagai sekolah hingga perguruan tinggi dalam menyiapkan generasi muda yang mandiri.

Baca juga : Kemendag Segel Pelaku Usaha Robot Trading

"Menjadi pengusaha bukan hanya soal modal, dan inovasi, melainkan bagaimana meracik strategi dan menanamkan mental berjuang, ilmu ini bukan hanya sekadar teori, harus dari praktisinya langsung," tegas Marwan.

Praktisi pendamping inkubasi berasal dari para pengusaha sukses HIPMI, alumni, hingga para Menteri dan pejabat negara yang memiliki semangat serta visi sejalan dengan HIPMI. Target 1.000 startup akan dicapai setidaknya tiga tahun ke depan atau satu periode kepengurusan himpunan.

"Bicara perusahaan rintisan, bukan hanya tentang aplikasi dan teknologi, namun segala lini usaha ekonomi akan terpenuhi dari wadah ini," tegasnya.

Marwan menjelaskan bahwa dalam wadah tersebut salah satunya ada perkumpulan para UKM di mana hingga awal 2022 telah terdata sebanyak 300 UKM yang saling belajar dalam mengembangkan bisnis dan jaringan yang disebut program UKM Connection.

Baca juga : Market Outlook 2022: Ekonomi Nasional Optimis Berkembang

Lebih lanjut, Marwan menjelaskan bahwa HIPMI Bogor Center adalah satu-satunya wadah yang dimiliki oleh lembaga atau organisasi nonpemerintah yang bergerak di bidang bisnis di mana semuanya dikelola oleh pengusaha muda, untuk pengusaha dan mencetak calon pebisnis besar.

"Pendampingan hingga bimbingan menjalankan usaha, baik secara administrasi, legal hingga operasional akan menjadi prioritas utama," tukasnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.