Dark/Light Mode

Gandeng Kemenaker Dan OASE, Sido Muncul Gelar Pemeriksaan IVA Untuk 500 Karyawan

Jumat, 11 Februari 2022 18:00 WIB
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah (kanan) bersama Direktur Utama Sido Muncul David Hidayat di pabrik Sido Muncul, Ungaran, Semarang, Kamis (11/2). (Foto: Istimewa)
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah (kanan) bersama Direktur Utama Sido Muncul David Hidayat di pabrik Sido Muncul, Ungaran, Semarang, Kamis (11/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setiap perempuan berisiko untuk terkena kanker leher rahim. Kanker leher rahim berkaitan erat dengan infeksi Human Papilloma Virus (HPV).

Guna pencegahan dan deteksi dini kanker rahim pada tenaga kerja perempuan di Indonesia, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bekerjasama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Maju (OASE) melakukan program aksi peningkatan kesehatan tenaga kerja perempuan dalam pencegahan dan deteksi dini kanker pada tenaga kerja perempuan di Indonesia.

Baca juga : Teja Keberatan Susunan Pemain Baru Ditentukan 5 Jam Sebelum Tanding

Pada kesempatan kali ini, Kemenaker menggelar pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) kepada para tenaga kerja perempuan di PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Pemeriksaan IVA dilakukan di Kawasan Agro Wisata Pabrik Sido Muncul, Bergas, Semarang pada 8-10 Februari 2022.

Adapun Jumlah karyawan yang mengikuti pemeriksaan IVA sebanyak 500 pekerja perempuan dengan jadwal yang dibuat secara terpisah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pembagian jumlah pesertanya adalah 250 di hari pertama, 200 di hari kedua, dan 50 peserta di hari ketiga.

Baca juga : Gandeng Influencer Linked-in, Mili Berikan Edukasikan Startup Pada Masyarakat

Pemeriksaan ini dilakukan tim medis dari Direktorat Bina Pengujian K3. Penutupan pelaksanaan pemeriksaan IVA, Kamis (10/2), dihadiri oleh Menteri Tenaga Kerja Indonesia Ida Fauziyah, Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Kesehatan Kerja Hayani Rumondang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.