Dewan Pers

Dark/Light Mode

Telkom Motivasi Pelaku UMKM Agar Tetap Bertahan Di Era Pandemi

Selasa, 15 Februari 2022 23:06 WIB
Telkom Motivasi Pelaku UMKM Agar Tetap Bertahan Di Era Pandemi

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mendukung pelaku ekonomi lokal terus berkembang melalui optimalisasi teknologi digital, rumah BUMN di bawah pengelolaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk kembali menggelar Creative UMKM Talks yang diikuti oleh 114 penggiat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya. 

Acara dengan tema “Pandemi, Siapa Takut?” ini merupakan refleksi ketangguhan para pelaku UMKM untuk tetap bertahan di era pandemi bertujuan untuk memberikan pandangan dan wadah dalam memberikan saran serta masukkan kepada seluruh UMKM dalam menghadapi era pandemi saat ini.

Dalam sambutannya, SGM Community Development Center Telkom, Hery Susanto mengatakan, kegitan ini merupakan wujud dukungan Telkom dalam pengembangan UMKM mencakup framework access to capital, access to funding, access to competence, dan access to commerce. 

Berita Terkait : Telkomsel Perkuat Jaringan 4G/LTE Dan 5G Di Sirkuit Mandalika

“Diharapkan dari tahun ke tahun semakin banyak ide-ide yang baik di UMKM sehingga dapat melakukan improvement untuk menjadi lebih baik lagi sekaligus berperan dalam meningkatkan ekonomi digital nasional,”  kata Hery dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/2).

Selanjutanya, dalam agenda sharing session, Zabay Collection Manado menceritakan bahwa sebagai UMKM yang turut terdampak pandemi, berhasil bertahan dengan terus mengembangkan kreativitas dan inovasi hingga memperoleh beberapa penghargaan dari Wakil Presiden RI, Menteri Pemberdayaan Perempuan, dan Menteri Pariwisata. 

Sebagai UMKM kriya yang bergerak di bidang batik dan aksesoris dari batok kelapa, Zabay Collection mengembangkan produk masker lipstick inovatif sebagai peluang menarik minat pasar di saat masa pandemi.

Berita Terkait : Menkominfo Dorong Kebangkitan UMKM Di Tengah Digitalisasi

Mariani Montu selaku pemilik Zabay Collection mengatakan, adapun cara untuk tetap bertahan atau menonjol di antara pelaku usaha lain, dapat dilakukan dengan membuat suatu terobosan baru sehingga produk dengan keunikan tersendiri menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

“Kita harus pintar membaca situasi sekitar, apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan apa yang ada. Lalu kembangkan yang ada dan terus berinovasi demi survive apalagi saat era pandemi seperti ini,” ujar Mariani saat memberikan motivasi kepada pelaku UMKM yang hadir. 

Kegiatan Creative UMKM Talks ini diharapkan dapat memotivasi serta memberikan inspirasi para UMKM  Binaan dalam hal pemanfaatan digitalisasi bisnis (go digital-go online-go global) untuk tetap berkreasi dan semangat dalam menjalankan usaha. [MFA]