Dark/Light Mode

Telkomsel Perkuat Jaringan 4G/LTE Dan 5G Di Sirkuit Mandalika

Sabtu, 12 Februari 2022 14:51 WIB
Telkomsel menghadirkan layanan 5G di Mandalika. (Foto: ist)
Telkomsel menghadirkan layanan 5G di Mandalika. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Telkomsel memastikan kesiapan konektivitas mobile broadband 4G/LTE para penonton MotoGP 2022 pada 18 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Optimalisasi kesiapan tersebut telah disampaikan secara langsung saat mendampingi kunjungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada saat melakukan pengecekan infrastuktur telekomunikasi di masa pra-musim MotoGP 2022 Mandalika, Jumat (11/2).

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, Telkomsel sebagai bagian dari TelkomGroup mendukung digitalisasi di salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yakni kawasan Mandalika, terutama jelang berlangsungnya event olahraga balap internasional, MotoGP 2022.

Baca juga : Tes Pramusim MotoGP, PLN Siap Pasok Listrik Tanpa Kedip Di Sirkuit Mandalika

Untuk terus memastikan pengalaman aktivitas digital yang nyaman bagi masyarakat dan para pengunjung MotoGP 2022 nantinya, pihaknya telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan broadband 4G/LTE. “Telkomsel juga akan menggelar akses jaringan 5G Telkomsel yang juga mengadirkan showcase 5G dengan sejumlah use case teknologi 5G yang menarik di Mandalika International Street Circuit,” ujarnya.

Dalam pengecekan bersama Kementerian Kominfo, Telkomsel memaparkan seluruh kesiapan penyediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi hingga ragam layanan unggulan yang akan memberikan kenyamanan bagi aktivitas digital masyarakat, terutama di kawasan Mandalika.

Telkomsel telah melakukan penambahan 68 BTS 4G/LTE yang melengkapi total 382 BTS 4G/LTE dan telah melayani kebutuhan akses broadband masyarakat di kawasan Mandalika. Nugroho lebih lanjut menjelaskan, optimalisasi jaringan akan dibarengi dengan penambahan kapasitas dan penguatan kualitas di seluruh BTS 4G/LTE tersebut.

Baca juga : Enjoy Lombok, Alex Rins: Sirkuit Mandalika Very Cool

Dia memperkirakan, akan terjadi lonjakan trafik broadband seiring dengan semakin dekatnya pelaksanaan MotoGP 2022 di Mandalika, area penginapan, lokasi wisata kuliner, medical center, titik transit transportasi seperti bandara dan pelabuhan, tempat destinasi wisata, dan venue MotoGP 2022 di Mandalika International Street Circuit.

Selain itu, Telkomsel juga telah melakukan penguatan kapasitas dan kualitas jaringan di kawasan Mandalika International Street Circuit dengan menambah 6 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) guna memastikan kelancaran aktivitas internet dan digital tim operasional Mandalika Grand Prix Association (MGPA), pengunjung dan tim peserta balap motor yang menjalankan sesi pra musim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari 2022 di Mandalika International Street Circuit.

Telkomsel sebagai operator telekomunikasi digital yang menggelar layanan 5G pertama di Indonesia, berkomitmen untuk menghadirkan kembali pengalaman akses jaringan ultra-broadband Hyper 5G Telkomsel di kawasan Mandalika International Street Circuit bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat dan para pengunjung ajang MotoGP 2022 nantinya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.