Dark/Light Mode

Mikael Jasin Berharap Industri Kopi Indonesia Makin Dikenal Di Kancah Internasional

Kamis, 17 Februari 2022 17:56 WIB
Barista Indonesia Kelas Dunia, Mikael Jasin (kedua kanan) memberi penghargaan bagi warga di dua desa tersebut atas jasa mereka yang telah memproduksi dan mengolah biji kopi kualitas tinggi. (IST)
Barista Indonesia Kelas Dunia, Mikael Jasin (kedua kanan) memberi penghargaan bagi warga di dua desa tersebut atas jasa mereka yang telah memproduksi dan mengolah biji kopi kualitas tinggi. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Biji kopi berkualitas tinggi dari desa Gulang dan Uwu di Flores, Nusa Tenggara Timur, berhasil mengukir prestasi kelas dunia setelah tampil di kancah World Barista Championship 2021 di Milan, Italia.

Adalah Mikael Jasin, entrepreneur pendiri CATUR Coffee Company dan So So Good (SSG) Coffee Company yang mewakili Indonesia di ajang bergengsi tersebut.

Sebagai wujud apresiasi berkat prestasi yang diraihnya itu, Mikael memberi penghargaan bagi warga di dua desa tersebut atas jasa mereka yang telah memproduksi dan mengolah biji kopi kualitas tinggi.

“Kami berterima kasih kepada teman-teman di desa Gulang dan Uwu, Manggarai, Flores, karena telah menjadi agen perubahan di industri kopi. Sehingga biji kopi yang diproduksi di Flores telah dinikmati hingga kancah Internasional,” ujar Mikael.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Berdirinya Universitas Internasional Papua

Melalui penghargaan tersebut, Mikael berharap dapat memberikan inspirasi dan memercik gelombang agen perubahan yang baru.

Penghargaan ini juga diharapkan dapat memberikan energi yang baik serta membangun semangat positif bagi para petani kopi dalam menghasilkan biji kopi dengan kualitas yang tinggi.

Tidak hanya itu, Mikael berharap melalui peristiwa ini dapat membawa industri kopi semakin dikenal hingga kancah Internasional.

Dalam kesempatan sama, Kepala Kelompok Petani Kopi di Manggarai, Flores, turut mengundang Mikael dan tim SSG Coffee Company beserta CATUR Coffee Company untuk mengikuti upacara adat dan masuk ke dalam rumah adat Flores.

Baca juga : Eks Bupati Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip Dijebloskan Kembali Ke Rutan Kelas II Manado

Hal ini sebagai lambang simbolis bahwa Mikael beserta tim SSG dan CATUR Coffee Company diterima dengan baik di Pulau Flores, NTT.

Mikael percaya bahwa semua pihak yang berkontribusi atau berkecimpung di industri kopi memiliki potensi untuk membawa perubahan, baik di industri kopi maupun sekitarnya.

Sebagai agen perubahan, ia beserta SSG dan CATUR Coffee Company memiliki visi untuk terus meningkatkan kualitas biji kopi Indonesia.

Sebagai salah satu upaya memperkenalkan biji kopi khas Indonesia, Mikael berkolaborasi dengan salah satu perusahaan kopi yang saat ini telah menyandang status Unicorn, yaitu Kopi Kenangan.

Baca juga : Dubes Ukraina Puji Keberanian Jurnalis Di Momen Hari Pers Nasional

Dalam kolaborasi ini, ia menggunakan biji kopi dari Flores, yaitu Bumi Flores, yang diluncurkan pada Februari 2022.

Mikael berharap dapat menggairahkan industri kopi dengan semakin menonjolkan cita rasa biji kopi yang unik dari berbagai daerah di Indonesia.

Ia juga berharap, beragam langkah yang dilakukan dapat memberikan dampak yang positif bagi pihak yang berkecimpung hingga industri kopi itu tersendiri.

Maka dari itu, Mikael mengajak para pelaku industri kopi maupun industri lainnya untuk bersemangat menjadi agen perubahan. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.