Dewan Pers

Dark/Light Mode

Semakin Kuat Inovasi Digital Banking, Bank DKI Raih Popular Digital Brand

Kamis, 24 Februari 2022 21:43 WIB
Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI,, Amirul Wicaksono meraih penghargaan Popular Digital Brand di Jakarta Kamis (24/2).
Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI,, Amirul Wicaksono meraih penghargaan Popular Digital Brand di Jakarta Kamis (24/2).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingkat kepercayaan nasabah dalam menggunakan produk JakCard dan JakOne Mobile Bank DKI  semakin meningkat. Alhasil, Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibu kota Jakart ini meraih penghargaan Popular Digital Brand untuk uang elektronik dan pembayaran elektronik pada 3rd Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Iconomics. 

Penghargaan tersebut, diterima langsung oleh Direktur Teknologi Dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono di Jakarta Kamis (24/2). Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang telah berkontribusi dan berinovasi dalam pengembangan digital di Indonesia berdasarkan hasil survei kepada 12 ribu responden generasi milenial dari 10 kota besar di Indonesia. Pengukuran dilakukan terhadap product awareness dan product image dari sebuah produk digital.

Dalam sambutannya, Amirul mengucapkan, terima kasih kepada pengguna produk JakCard dan JakOne Mobile. “Pencapaian Bank DKI dalam meraih penghargaan berkat kepercayaan nasabah dalam menggunakan produk JakCard dan JakOne Mobile Bank DKI. Penghargaan ini menjadi semangat kami untuk terus mendorong penerapan transaksi non tunai di DKI Jakarta dan sekitarnya melalui produk dan layanan perbankan digital dari Bank DKI,” ujar Amirul. 

Berita Terkait : Malam Ini, Bajul Ijo Siap Runtuhkan Kesangaran Singo Edan

Untuk memenuhi kebutuhan akan produk perbankan digital yang semakin meningkat, Badan Usaha Milik Daerah ini terus mengembangkan berbagai produk dan layanan digital, termasuk di antaranya JakCard dan JakOne Mobile. 

Bank DKI mencermati terdapat peningkatan jumlah transaksi untuk produk perbankan digital, di mana transaksi JakCard pertahun 2021 mencapai 2,14 juta transaksi, meningkat 40,20 persen dari transaksi JakCard di tahun 2020 yang mencapai 1,53 juta transaksi.   

Ia menerangkan, bahwa JakCard dapat dipergunakan secara luas sebagai e-ticket berbagai moda transportasi layanan public, seperti TransJakarta, Mikro Trans, Angkot JakLingko, MRT Jakarta, LRT, hingga kereta bandara/Railink. JakCard juga menjadi alat pembayaran utama di berbagai Kawasan Wisata yang dimiliki Pemprov. DKI Jakarta seperti Taman Margasatwa Ragunan, Monas, Planetarium, Ancol dan berbagai museum.
    
Per Januari 2022, Bank DKI telah memiliki lebih dari 17 ribu merchant yang telah bergabung dengan layanan QRIS JakOne Mobile Bank DKI, dengan jumlah pengguna mencapai 1,6 juta pengguna serta jumlah transaksi yang mencapai 18,38 juta transaksi pada tahun 2021 atau meningkat 38,51 persen dibanding tahun 2020 yang mencapai 13,27 juta transaksi. Pencapaian ini, menunjukan tren digitalisasi transaksi ekonomi dan keuangan digital yang semakin meningkat. 

Berita Terkait : BNI Siapkan Layanan Beyond Banking Untuk 8 Juta Diaspora Indonesia

Terbaru, atas Kolaborasi dengan Jakarta Smart City, Bank DKI kini menghadirkan fitur uang elektronik JakOne Pay di aplikasi Jaki. Dengan integrasi tersebut, pengguna aplikasi Jaki yang sudah mengunduh aplikasi JakOne Mobile Bank DKI dapat melakukan transaksi scan to pay  pada lebih dari 13 juta merchant yang telah terhubung dengan QRIS.

Selain mengintegrasikan JakOne Pay pada aplikasi Bank DKI terus melakukan pengembangan produk dan layanan, termasuk di antaranya menghadirkan JakOne Community Apps yang merupakan layanan perbankan digital untuk mendorong penerapan inklusi keuangan serta melalui pengembangan produk dan layanan digital. 

Adapun JakOne Community Apps sendiri terdiri dari JakOne Mobile, JakOne Abank, JakOne Erte, JakOne Artri, Ancol Apps hingga Si Ondel. “Terima kasih atas kepercayaan masyarakat dan nasabah dalam menggunakan produk dan layanan perbankan digital Bank DKI”, tutup Amirul. [MFA]