Dark/Light Mode

HR Path Luncurkan NUBO Bantu Pengembangan UKM

Jumat, 25 Februari 2022 09:15 WIB
NUBO by HR Path. (Foto: Istimewa)
NUBO by HR Path. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - HR Path mengenalkan solusi SDM berbasis metodologi baru untuk usaha kecil dan menengah yakni NUBO. Pakar global Sumber Daya Manusia (SDM) ini ingin membantu dunia usaha termasuk UKM dalam bertransformasi digital.

Manager & Director HR Path Indonesia Andi Wibisono mengatakan, melalui NUBO pengelolaan seluruh rangkaian proses bisnis UKM dari rekrutmen karyawan hingga ension kini dapat dilakukan lebih cepat, hemat biaya, dan lebih efisien.

"Dikemas dengan pendekatan praktik terbaik SDM, pengoptimalan untuk karyawan, dan layanan mandiri manajer, NUBO menghilangkan entri manual dan proses administrasi yang tidak efisien," kata Andi dalam keterangan tertulisnya dikutip Jumat (25/2).

Untuk dapat memperluas dan meningkatkan daya saing maka UKM butuh solusi sistem yang dapat mengintegrasikan proses bisnis. Saat ini, tidak banyak sistem ERP SDM yang dapat menangani kebutuhan bisnis yang sedang berkembang.

Beberapa masalah kritis yang dihadapi UKM untuk dapat menerapkan sistem ERP antara lain keterbatasan dana dan kemampuan organisasi untuk teknologi informasi. Adanya pandemi memberikan waktu bagi UKM berhenti sejenak untuk belajar. Memastikan setiap orang di-develop dengan benar dan setiap orang memiliki kompetensi yang baik sehingga ketika situasi membaik, perusahaan menjadi yang paling siap di pasar.

Baca juga : KLHK Pastikan IKN Bukan Kantong Sebaran Orangutan

"NUBO dari HR Path membantu mempersiapkan human capital UKM dengan baik, membuat UKM naik kelas menjadi perusahaan enterprise. Human Capital Management (HCM) penting sebab bisnis tumbuh karena orang, bukan karena mesin," ujarnya.

Sebagai solusi yang telah terbukti kehandalannya, NUBO mencakup pra-konfigurasi, standarisasi, dan HRIS siap pakai. NUBO membantu departemen SDM mengenali potensi strategis yang mereka miliki untuk secara positif meningkatkan nilai dan hasil usaha.

NUBO adalah finalis Penghargaan SAP Global Pinnacle Award dalam kategori Packaged Solution pada tahun 2019 & 2020. Implementasi NUBO pertama kali berhasil dilakukan oleh HR Path di Indonesia dengan AEON Credit Service Indonesia.

Beberapa faktor yang membuat NUBO lebih unggul diantaranya adalah pengguna memiliki kemampuan untuk menggunakan sistem ERP SDM berkelas yakni SuccessFactors.

SAP SuccessFactors adalah penyedia cloud human experience management (HXM) terkemuka di dunia. HXM adalah istilah baru untuk HCM yang lebih berfokus pada orang.

Baca juga : PUPR Dorong Pembentukan Badan Pengelola Rusun Di Daerah

HXM dari SAP memungkinkan UKM memberikan pengalaman kepada karyawan mereka untuk mengenali nilai individual mereka dan secara konsisten memotivasi mereka untuk mencapai kinerja terbaik.

Keunggulan lainnya adalah HR Path mengetahui apa yang efektif berdasarkan pengalaman panjang HR Path dalam menerapkan sistem SDM. Pendekatan metodologis HR Path terbukti terukur dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

NUBO memungkinkan UKM dengan cepat menggunakan modul SAP SuccessFactors berstandar industri yang telah dikonfigurasi sebelumnya. Banyak implementasi membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk diselesaikan ketika berhadapan dengan ERP SDM yang besar.

Namun seiring waktu, HR Path berhasil mendefinisikan proses ini dan memanfaatkan metodologi out-of-the-box nya untuk membuat implementasi NUBO berjalan cepat dan mudah. NUBO akan diselesaikan dalam waktu 4 sampai 8 minggu per modul, dimana beberapa modul berjalan secara paralel.

HR Path memahami bahwa banyak UKM mungkin tidak memiliki bandwidth untuk memiliki sistem seperti itu. Tetapi dengan NUBO, UKM dapat memiliki dan menerapkan SuccessFactors dengan harga yang terjangkau. Memiliki biaya implementasi yang rendah memungkinkan UKM untuk fokus dan berinvestasi dalam adopsi pengguna.

Baca juga : PNM Salurkan Pembiayaan UMi Lewat PIP

"Pendekatan best practices memungkinkan time-to-value NUBO lebih pendek. Yang biasanya adopsi membutuhkan waktu rata-rata 4 bulan menjadi hanya modelling 4 pekan. HR Path mengubah modellingnya untuk UKM dengan waktu yang lebih pendek dan harga yang lebih terjangkau," jelas Andi Wibisono.

Ide dasar NUBO adalah agar UKM memiliki sistem dapat memodifikasi dan menyesuaikan sistem sejak awal implementasi. Dengan NUBO, UKM memiliki pendekatan modular yang memungkinkan mereka memulai dari mana saja dan pergi ke mana saja. 

Memanfaatkan NUBO, UKM dapat menambahkan fungsionalitas baru dan memperluas sistem mereka menjadi yang paling tangguh dan disesuaikan seperti yang diinginkan. HR Path mendorong UKM untuk segera mengadopsi ERP SDM ke dalam bisnis mereka dan tidak perlu khawatir dengan biaya.

"Solusi dari HR Path sudah dikenal dan banyak digunakan oleh perusahaan enterprise. Dengan NUBO, HR Path ingin menyampaikan bahwa solusi ini tidak hanya milik perusahaan enterprise dengan blueprint besar. UKM juga sudah layak menerapkannya dan biayanya tidak mahal," tutur Andi Wibisono.

Sekadar informasi, HR Path sudah berkontribusi terhadap kinerja SDM banyak perusahaan. Didirikan pada tahun 2001. Ada 1250 talenta yang telah mendukung  1500 klien di 18 negara. [JAR] .

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.