Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Produsen Batasi Ekspor, Harga Daging Terancam Naik

Kamis, 3 Maret 2022 14:57 WIB
Daging sapi. (Foto: ist)
Daging sapi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penerapan batasan ekspor sapi oleh beberapa negara produsen utama daging sapi dunia, seperti Australia, Brazil dan Argentina, turut memengaruhi harga daging sapi di Indonesia.

Pembatasan ekspor dari negara-negara tersebut dilakukan karena adanya penurunan jumlah sapi yang dipotong di Australia untuk upaya repopulasi sapi, ditemukannya wabah penyakit pada beberapa populasi sapi di Brazil dan pengamanan pasokan domestik di Argentina.

“Sebagian besar pasokan daging sapi Indonesia berasal dari impor. Jadi pembatasan semacam ini tentu berpengaruh karena jumlah kebutuhan biasanya tetap dan malah cenderung meningkat, terutama dalam menghadapi waktu-waktu tertentu,” jelas Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Nisrina Nafisah, Kamis (3/3).

Baca juga : Koperasi Produsen Sari Buah Garut Sukses Ekspor Kopi 2 Kontainer Ke Belanda

Secara garis besar, permintaan global terhadap produk-produk ternak terus meningkat dalam satu tahun terakhir, bersamaan dengan kembalinya kegiatan konsumsi serta kemampuan belanja dan kepercayaan konsumen meningkat. Meski begitu, peningkatan permintaan ini tidak diiringi dengan laju produksi yang sama.

Sekitar 70 persen total kebutuhan daging sapi dan sapi bakalan nasional berasal dari impor, berdasarkan data dari Meat & Livestock Australia, 2020. Sebagian besar dari impor tersebut datang dari Australia.

Nisrina menyebut, kondisi tersebut membuat peningkatan harga daging sapi di pasar internasional dan gangguan pasokan yang terjadi di negara impor utama akan berdampak pada harga daging sapi di Indonesia.

Baca juga : Imbas Invasi Rusia Ke Ukraina, Harga Pupuk Dan Gandum Berpotensi Naik

Berdasarkan data Bank Dunia pada 2022 harga daging sapi menyentuh 5,97 dolar AS/kg di pasar internasional pada Januari 2022, meningkat sebesar 33,85 persen dari bulan Januari 2021. Harga sapi bakalan untuk dipotong pada Februari 2022 turut meningkat 60 persen menjadi 4,2 dolar AS/kg dari 2,8 dolar AS/kg pada Februari 2021. Kenaikan harga tersebut terjadi karena beberapa faktor termasuk pasokan daging sapi yang kurang saat permintaan sedang meningkat.

Menurut dia, Indonesia sempat mengalami penurunan pasokan sapi bakalan impor di tahun 2020 karena Australia mengalami depopulasi sapi akibat dari kebakaran hutan dan kebanjiran. Hal ini kemudian berdampak pada berkurangnya jumlah sapi dan daging sapi yang diekspor ke Indonesia.

Berdasarkan data BPS, Impor daging sapi Indonesia pada 2020 berjumlah 226,6 ribu ton atau berkurang 15 persen dari tahun sebelumnya yang berjumlah 266,5 ribu ton. Pada tahun 2021, jumlah impor daging sapi kembali meningkat sebesar 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya atau menjadi 276,8 ribu ton. Namun, harga daging sapi sepanjang 2021 tetap tinggi dan kembali mengalami peningkatan pada Februari 2022, berdasarkan Indeks Bulanan Rumah Tangga (BuRT) dari CIPS.

Baca juga : KKP Kuburkan Bangkai Paus Sepanjang 10 M Terdampar Di Tabanan Bali

Untuk membantu mencukupi kebutuhan daging sapi dari impor, pemerintah perlu membenahi sistem impor dan mengupayakan peningkatan harga produksi dan distribusi. Indonesia juga bisa menambahkan Brazil dan Amerika Serikat sebagai negara pemasok impor daging sapi untuk untuk mengurangi ketergantungan dari Australia.

“Baru sekitar 1 persen dari total impor daging sapi Indonesia, datang dari Brazil dan Amerika Serikat dua negara produsen daging sapi terbesar di dunia, karena ketatnya persyaratan bebas penyakit mulut dan kaki serta sertifikat halal yang diberikan Indonesia untuk memastikan daging sapi yang masuk Indonesia berasal dari sapi yang sehat,” jelas Nisrina.

Menurutnya, langkah pemerintah yang membuka keran impor daging kerbau dari India sejak tahun 2016 sebagai alternatif dari daging sapi juga berdampak positif bagi kecukupan permintaan daging sapi nasional, dimana sejak saat itu negara tersebut menduduki posisi kedua setelah Australia sebagai importir daging lembu terbesar Indonesia. Daging kerbau tersebut kemudian menawarkan variasi dengan harga yang kompetitif dan relatif lebih murah dari daging sapi sehingga memikat bagi konsumen dan pedagang. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.