Dewan Pers

Dark/Light Mode

Gubernur NTB Puji Program Pemberdayaan UMKM Indosat Di Mandalika?

Jumat, 11 Maret 2022 22:26 WIB
Gubernur NTB, Zulkieflimansyah saat acara peluncuran program pemberdayaan UMKM oleh Indosat Ooredoo Hutchison, di Desa Kuta, Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (11/3). (Foto: Humas Pemprov NTB).
Gubernur NTB, Zulkieflimansyah saat acara peluncuran program pemberdayaan UMKM oleh Indosat Ooredoo Hutchison, di Desa Kuta, Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (11/3). (Foto: Humas Pemprov NTB).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah mengapresiasi, atas upaya perusahaan telekomunikasi digital Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) membantu mengembangkan komunitas masyarakat dan UMKM lokal jelang pagelaran MotoGP Mandalika 2022. Diharapkan bantuan ini mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat dan UMKM setempat.

"Mudah-mudahan masyarakat kami betul-betul terbantu dengan hadirnya program pemberdayaan UMKM yang diluncurkan oleh Indosat Ooredoo Hutchison (IOH)," kata Bang Zul-sapaan Zulkieflimansyah-dalam keterangan resminya, Jumat (11/3).

Bang Zul mengatakan, pembangunan itu tidak harus selalu identik dengan commodity center approach, indicated only by number. Sejatinya pembangunan itu adalah pertumbuhan ekonomi yang disertai dengan perubahan dan merupakan proses besar untuk meng-upgrade kemampuan perekonomian masyarakat.

Berita Terkait : Pemerintah Bakal Libatkan Media Dan Masyarakat

“Apa yang diberikan oleh Indosat kepada masyarakat kita ini ibarat memberikan kail dari pada ikannya. Mudah-mudahan masyarakat kami khususnya UMKM dan kelompok nelayan di Lombok Tengah betul-betul bisa memanfaatkan dan makin berkembang,” imbuh Bang Zul.

Senada hal itu, Director & Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah, mengungkapkan, sebagai destinasi super prioritas dan tuan rumah gelaran MotoGP Series 2022, program pemberdayaan komunitas yang berkelanjutan di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dan masyarakat setempat.

"Kami berharap agar masyarakat lokal di Mandalika dapat mengembangkan usahanya seiring dengan perkembangan daerah setempat yang cukup pesat," ujar Muhammad Buldansyah.

Berita Terkait : Amankan MotoGP, Polda NTB Siapkan 47 Pos Pengamanan Di Mandalika

Secara resmi diluncurkan hari ini, program pemberdayaan komunitas yang berkelanjutan di Mandalika ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dan UMKM setempat melalui bantuan modal dari platform pinjaman digital Indosat Ooredoo Hutchison, yaitu UCan (berkolaborasi dengan Bank QNB Indonesia) dan Bima Kredit (berkolaborasi dengan Maucash).

“Kami turut berbangga bisa mengambil peran dalam pemberdayaan komunitas dan UMKM lokal yang berkelanjutan di Mandalika untuk memaksimalkan potensi usaha dan pariwisata setempat dengan bantuan dan pelatihan usaha dari UCan dan Bima Kredit," ujar Muhammad Buldansyah.

Program pemberdayaan komunitas berkelanjutan di Mandalika ini akan berlangsung selama 6 bulan ke depan, hingga September 2022, dengan menargetkan ratusan penerima manfaat. Selain memberikan bantuan modal kepada usaha masyarakat setempat melalui UCan dan Bima Kredit, Indosat Ooredoo Hutchison juga memberikan pelatihan terkait literasi digital dan keuangan yang turut mencakup wawasan mengenai cara memanfaatkan pinjaman digital dengan baik.

Berita Terkait : HUT Ke-24, PT Gag Nikel Implementasikan 8 Program Pemberdayaan Masyarakat

"Kami juga meningkatkan jaringan di kawasan Mandalika dengan mempersiapkan kapasitas layanan data hingga 1,5 Gbps serta melakukan optimalisasi pada sites setempat termasuk mengoperasikan Mobile BTS dengan multi-operator core network (MOCN) untuk pengalaman komunikasi terbaik di kawasan tersebut," katanya. [DWI]