Dark/Light Mode

27 UMKM Kuliner Lombok Ramaikan Festival Jajanan Bango Mandalika

Kamis, 17 Maret 2022 14:56 WIB
Prosesi pelepasan Food Truck Bersama Menteri Sandiaga Uno (kedua dari kiri). (Foto: ist)
Prosesi pelepasan Food Truck Bersama Menteri Sandiaga Uno (kedua dari kiri). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bango produksi PT Unilever Indonesia Tbk resmi menjadi Presenting Partner dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menghadirkan kekayaan cita rasa kuliner nusantara melalui Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 Mandalika yang digelar pada 18-20 Maret 2022.

Berlokasi di area Pantai Kuta Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, FJB bakal menghadirkan 6 penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah Indonesia serta 27 UMKM kuliner lokal khas Lombok.

“Kekayaan dan keanekaragaman kuliner mudah-mudahan akan meningkatkan kepuasan penonton MotoGP Mandalika. Karena kita menjadi pusat perhatian dunia, di mana 400 juta pasang mata akan melihat MotoGP, maka acara ini akan menunjukkan kearifan lokal kita dan juga aneka bumbu yang kita miliki sebagai bagian dari program ‘Spice Up the World’,” jelas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Baca juga : UMKM Binaan PLN Siap Meriahkan Gelaran MotoGP Di Sirkuit Mandalika

Peluncuran FJB Mandalika 2022 ditandai dengan Kemenparekraf dan Bango melakukan pelepasan motor balap yang membawa hidangan dari perwakilan penjaja kuliner legendaris menuju Mandalika. Ada 10 unit food truck yang akan turut memeriahkan gelaran MotoGP Mandalika. Seluruh food truck akan singgah di 4 kota besar yaitu Jakarta, Solo, Surabaya dan akan berakhir di Mandalika.

Kesepuluh food truck ini adalah: Chibimilk, Yellow Bowl, Martabak Orins, Burger Bangor, Amanda Brownies, Bakso Afung, AWN CANTEEN X LABO TRUCK, Jabarano, dan Indomaret.

“Bango percaya bahwa FJB dapat menjadi katalisator yang kuat untuk memperkuat komitmen bersama dalam melestarikan warisan kuliner Indonesia,” tambah Direktur Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia, Tbk. Hernie Raharja.

Baca juga : KSP Pastikan Kesiapan Fasilitas Pendukung MotoGP Mandalika

Sementara Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, Muhammad Neil El Himam mengatakan Presiden Jokowi menyebut bahwa saat ini Indonesia berada dalam fase penting pemulihan ekonomi dan menjadi momentum bagi Indonesia untuk bangkit.

“Kuliner Indonesia adalah salah satu sub sektor ekonomi kreatif yang berperan besar pada kebangkitan perekonomian,” jelas Muhammad.

Menurut data Focus Economy Outlook 2020, kuliner Indonesia berkontribusi sebesar 41 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Total produk kuliner Indonesia mencapai Rp 393 lebih triliun pertahunnya.

Baca juga : 16 Maret, Jokowi Dijadwalkan Bertemu 12 Pembalap MotoGP Mandalika

“Ini memperlihatkan kontribusi kuliner otentik nusantara ini menjadi bukti ragam kekayaan bangsa Indonesia yang patut dibanggakan dan dirayakan bersama warga dunia, sekaligus salah satu tulang punggung perekonomian kreatif Indonesia,” tandasnya. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.