Dark/Light Mode

Konsisten Terapkan Prinsip Green Industry

4 Unit Usaha APP Sinar Mas Raih Penghargaan Indonesia Green Awards

Selasa, 22 Maret 2022 23:37 WIB
Unit usaha APP Sinar Mas mendapatkan penghargaan Indonesia Green Awards. (Foto: ist)
Unit usaha APP Sinar Mas mendapatkan penghargaan Indonesia Green Awards. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komitmen Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas dalam menerapkan praktik bisnis berkelanjutan berhasil mengantarkannya meraih penghargaan bagi 4 unit usahanya dalam ajang Indonesia Green Awards 2022.

Tahun ini, APP Sinar Mas melalui 4 unit usahanya menerima Indonesia Green Awards 2022, PT OKI Pulp & Paper Mills untuk kategori Penyelamatan Sumber Daya Air, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk kategori Mempelopori Pencegahan Polusi, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk dan PT Wirakarya Sakti untuk kategori Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu.

“Kami selalu berkomitmen dan berupaya untuk membawa dampak positif terhadap lingkungan serta masyarakat. Keberhasilan berbagai inisiatif APP Sinar Mas ini tentunya tidak lepas dari peran serta partisipasi masyarakat dan komunitas sekitar wilayah operasional kami,” ujar Head of Sustainability Compliance APP Sinar Mas, Sera Noviany, Selasa (22/3).

Baca juga : MMKSI Kenalkan Konsep Branding Baru Untuk Masyarakat Indonesia

APP Sinar Mas mewujudkan komitmennya melalui beberapa program Corporate Social Responsibility (CSR) di wilayah-wilayah operasionalnya. Salah satu cara yang dijalankan ialah mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan manfaat sisa limbah pabrik.

Melalui program pemberdayaan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk Serang, dengan memanfaatkan limbah dari Tali Paper Machine menjadi bahan pelengkap kerajinan anyaman bambu, telah memberdayakan dan meningkatkan pendapatan ibu-ibu di Desa Tegal Maja, Kragilan.

Sedangkan beberapa desa binaan PT Wirakarya Sakti di Jambi melalui kemitraannya dengan BUMDes, salah satunya adalah Desa Dataran Kempas, Tebing Tinggi berhasil memanfaatkan limbah kotoran sapi, kambing dan pelepah daun sawit menjadi pupuk Kompos. Bahkan omset perbulannya mencapai miliaran rupiah.

Baca juga : 6 Bandara Angkasa Pura I Raih Penghargaan ASQ Awards 2021

Untuk kategori Penyelamatan Sumber Daya Air, yang dimenangkan PT OKI Pulp & Paper Mills di Sumatera Selatan, berhasil mengolah air gambut menjadi air siap minum bagi warga di 21 desa binaan, dengan menggunakan reverse osmosis. Melalui program ini, warga mampu menghemat biaya pembelian air minum sebesar 50 persen dari sebelumnya, dimana sebelumnya warga membeli air minum yang didatangkan dari Palembang. 

Penghargaan kategori Mempelopori Pencegahan Polusi yang didapatkan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk di Jawa Timur berupa pemanfaatan limbah batu bara (Fly Ash and Bottom Ash/ FABA) menjadi paving block untuk memenuhi infrastruktur sekolah, jalan desa, masjid, panti asuhan sejak tahun 2014.

Konsistensi penerapan prinsip Green Industry terus dilakukan APP Sinar Mas, dari unit forestry (hulu) sampai dengan mills (hilir). Salah satunya ditunjukkan melalui penghargaan Indonesia Green Awards ini, mulai dari tahun 2018 APP Sinar Mas secara konsisten meraih penghargaan Indonesia Green Awards untuk beragam kategori.

Baca juga : Industri Farmasi Usung Konsep Green Pharmacy Di T20 Indonesia

Melalui berbagai program, APP Sinar Mas terus berinovasi dan berkontribusi untuk masyarakat dan pelestarian lingkungan di Indonesia. “Kami sangat menyadari bahwa membangun rasa kepercayaan pelanggan, masyarakat, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya merupakan langkah penting untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan,” kata Sera.

Indonesia Green Award 2022 berupaya mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan pemulihan ekonomi yang lebih hijau, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Tim penilai Indonesia Green Awards 2022 terdiri dari La Tofi, Chairman The La Tofi School of CSR, Prof Ibnu Hamad, Guru Besar Komunikasi Universitas Indonesia, Agus Suharyono, Asdep Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN, Jo Kumala Dewi, Direktur Kemitraan Sosial Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Hizbullah Arief, Direktur Hijaukucom. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.