Dark/Light Mode

Sambut Delegasi G20 Di Yogyakarta, Bandara YIA Tampilkan Tarian Anoman Dan Ganongan

Jumat, 25 Maret 2022 10:02 WIB
Para penumpang pesawat memanfaatkan momentum untuk foto bersama para penari di Bandara Internasional Yogyakarta.
Para penumpang pesawat memanfaatkan momentum untuk foto bersama para penari di Bandara Internasional Yogyakarta.

 Sebelumnya 
Air hujan ditadah dan dikumpulkan untuk kemudian disaring menggunakan sistem reverse osmosis.

Untuk mewujudkan bandara yang ramah lingkungan, selain penghematan air, YIA didukung berbagai perangkat utilitas yang mendukung konsep ramah lingkungan seperti penggunaan lampu LED, elevator, lift, dan travelator yang menggunakan fitur sleep mode.

Selain itu, sanitair dengan fitur dual flush and auto faucet, serta penggunaan kaca bangunan Sunergy Green yang mampu merefleksikan sinar matahari dengan baik dan mendukung efisiensi penggunaan pendingin ruangan di dalam area terminal.

Baca juga : Transformasi Digital SDM, Chandra Asri Gandeng Darwinbox

Selain memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungan hidup, YIA dirancang dengan arsitektur bergaya modern.

Namun eksterior dan interior tetap menggambarkan budaya Yogyakarta, baik itu melalui instalasi karya seni (artwork) yang melibatkan berbagai seniman lokal Yogyakarta, maupun beragam area yang telah didesain secara khusus untuk menjadi etalase Yogyakarta, Kulon Progo, dan sekitarnya.

"Bandara Internasional Yogyakarta memang dirancang dan dibangun dengan memperhatikan aspek pelestarian lingkungan hidup secara berkelanjutan pada berbagai aspeknya, mulai dari perangkat utilitas yang ramah lingkungan, penghematan energi, hingga penghematan air. Oleh karena itu, di tahun 2021 YIA meraih Sertifikat 'Gold' Greenship dari Green Building Council Indonesia,” imbuh Agus Pandu Purnama.

Baca juga : Selama Gelaran MotoGP Di Mandalika, Bandara Lombok Layani 71.800 Penumpang

Mr. Phoumin Han, delegasi yang mewakili Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) menyampaikan impresi yang baik terhadap YIA saat tiba kemarin (23/03).

Bagi Han, ini menjadi kunjungan pertamanya di Yogyakarta. Ia mengakui kunjungan ini sangat menarik, dan dirinya merasakan kehangatan di tempat ini.

"Selain itu, yang paling membuat saya terkesan adalah bandara - YIA dengan segala keramahtamahan yang telah. Tak hanya itu disiapkan bagi kami, delegasi G20.Tak hanya itu, saya merasa kagum dengan seluruh pemandangannya yang menakjubkan dari bandara ini. Saya sangat terkesan dengan sambutan yang hangat bagi seluruh delegasi. Terima kasih atas keramahtamahan yang diberikan,” pungkas Han. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.