Dark/Light Mode

SuperSUN, Inovasi PLN Hadirkan Listrik Hijau Di Daerah 3T

Minggu, 27 Maret 2022 19:06 WIB
Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif (kiri) saat menghadiri Energy Transtions Youth Forum. (Dok. PLN)
Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif (kiri) saat menghadiri Energy Transtions Youth Forum. (Dok. PLN)

 Sebelumnya 
SuperSUN seperti genset yang menggunakan bahan bakar energi matahari. Karena itu, tidak ada emisi dari gas hasil pembakaran yang dikeluarkan SuperSun.

Alat ini dapat dioperasikan secara hybrid dari energi terbarukan dan menyala 24 jam serta anti blackout.

Dilengkapi dengan storage baterai lithium, alat ini juga bisa digunakan untuk mengisi daya motor listrik dan memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga seperti kompor induksi atau alat elektronik lain.

Baca juga : PLN Serap Listrik Hijau Dari 2 PLTS Terbesar Milik Medco Group

Zainal menceritakan, implementasi SuperSUN cukup sederhana dan sudah tersambung dengan gawai pelanggan sehingga dimonitoring secara online dan realtime mulai dari jaringan 2G (EDGE).

"SuperSUN juga tidak membutuhkan operator dan lahan yang luas, biaya pengoperasiannya dan pemeliharaan juga lebih rendah," ungkap dia.

Pada tahap implementasi purwarupa, tepatnya 9 Maret 2021, hasil uji perangkat prototipe SuperSUN menunjukkan performa yang sangat baik di Kampung Yarweser yang menggunakan kWh meter prabayar daya 900 VA.

Baca juga : Investasi Rp 30 Miliar, PLN Alirkan Listrik 8 Desa Di Kabupaten Sanggau Kalbar

Kemudian, perangkat tersebut digunakan untuk pemasangan 30 calon pelanggan dengan daya terpasang 900 watt sampai dengan 2.000 watt. Dan membutuhkan biaya investasi sekitar Rp 370 juta.

Menurut Zainal, angka ini lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan tabung listrik dan stasiun pengisian energi listrik (SPEL), PLTS Komunal, PLTMH, PLTBayu dan PLTD.

"Implementasi ke depannya akan melibatkan mahasiswa dan anak muda setempat untuk mempelajari pemasangan perangkat micro PLTS dan micro storage untuk 100 kepala keluarga," katanya.

Baca juga : Sukseskan MotoGP Mandalika, PLN Sediakan Listrik Berkualitas Dan Andal

Zainal menambahkan, kehadiran SuperSUN terbukti memberikan banyak manfaat dan mendukung program transisi energi yang dijalankan Pemerintah demi mencapai net zero emission pada 2060.

PLN bakal menerapkan inovasi SuperSUN di sejumlah wilayah secara masif karena sangat mudah dan cepat diimplementasikan. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.