Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sukseskan MotoGP

Ini Strategi PLN Amankan Pasokan Kelistrikan Di Mandalika

Kamis, 10 Maret 2022 11:42 WIB
PLN Pastikan listrik tanpa kedip saat gelaran MotoGP di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. (Foto : PLN)
PLN Pastikan listrik tanpa kedip saat gelaran MotoGP di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. (Foto : PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) mempersiapkan strategi pengamanan pasokan kelistrikan untuk menyukseskan MotoGP, yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18 - 20 Maret 2022.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara PLN, Adi Priyanto mengatakan, suplai utama kelistrikan MotoGP berasal dari Sistem Kelistrikan Lombok, yang terhubung melalui transmisi 150 kiloVolt (kV) atau dikenal dengan istilah Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT).

Berita Terkait : Awas! KPK Pelototi Praktik Bagi-bagi Lahan Kavling Di IKN Nusantara

Tegangan ini akan ditransformasi ke tegangan 20 kV untuk selanjutnya didistribusikan kepada pelanggan. Saat ini, terdapat sebelas Gardu Induk (GI) tersebar di seluruh Lombok untuk memperkuat sistem.

Dijelaskan bahwa suplai utama MotoGP akan dipasok dari 2 GI, yakni GI Sengkol dan GI Kuta. Kedua GI ini telah disiapkan, khususnya untuk menyambut MotoGP.

Berita Terkait : Amankan MotoGP, Polda NTB Siapkan 47 Pos Pengamanan Di Mandalika

“Fungsi utama Gardu Induk adalah mentransformasikan tegangan. Listrik dari pembangkit akan masuk ke Gardu Induk, dan selanjutnya akan didistribusikan ke sirkuit Mandalika," tutur Adi.

GI Kuta telah beroperasi sejak 2015. Untuk kapasitas trafo yang terpasang di GI Kuta adalah sebesar 30 Mega Volt Ampere (MVA) yang saat ini telah dibebani 28 persen atau 8,4 MVA.

Berita Terkait : Erick Gunakan Tenaga Surya Di Tol Bali Mandara

Sementara GI Sengkol telah beroperasi sejak 2012 dengan satu buah trafo kapasitas 30 MVA yang saat ini berbeban sekitar 40 persen atau 12 MVA.
 Selanjutnya