Dark/Light Mode

2022, Anies Siapkan 100 Bus Listrik Beroperasi Di Jakarta

Rabu, 9 Maret 2022 09:16 WIB
Gubernur DKI Jakarta,  Anies Baswedan meluncurkan  bus listrik Transjakarta di Lapangan IRTI Monas, Jakarta , Selasa (8/3)  (Foto: Ist.)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meluncurkan bus listrik Transjakarta di Lapangan IRTI Monas, Jakarta , Selasa (8/3) (Foto: Ist.)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini, sebanyak 100 bus listrik Transjakarta akan dioperasikan untuk warga Ibu Kota. Keberadaan bus listrik ini  untuk menekan polusi emisi karbon di Jakarta.

Tahap awal, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun meluncurkan 30 bus listrik yang akan beroperasi di jalur TransJakarta. "Insya Allah hingga akhir tahun ini ada sebanyak 100 bis listrik yang akan beroperasi. Ini menjadi bagian dari fase uji coba yang kita kerjakan," kata Anies dalam inagurasi layanan Bus Listrik TransJakarta di Plaza Selatan Monas, Jakarta, Selasa (8/3).

Baca juga : Bank BJB Siap Kalahkan Gresik Petrokimia Di Final Four

Menurut Anies, bus listrik ini akan menjadi bus listrik pertama yang digunakan masyarakat umum di Jakarta, yang memiliki masalah mobilitas, yakni polusi dan kemacetan.

"Dua-duanya akibat dari kegiatan kendaraan bermotor yang amat tinggi. Solusi yang ditawarkan kepada masyarakat adalah dengan memfasilitasi kendaraan umum, yakni membangun sistem kendaraan umum yang luas dan berbasis kendaraan listrik," ujarnya.

Baca juga : Kerja Nyata, Bank DKI Bantu Anies Genjot Vaksin Booster Di Jakarta

Dengan peluncuran bus listrik ini, Anies yakin bisa membantu pengurangan emisi gas karbon. Karena itu, Anies berkeinginan seluruh armada bus TransJakarta diubah menjadi bus listrik.

"Nantinya di tahun 2030 semua kendaraan umum bus di Jakarta bisa operasi dengan bus listrik. Itu harapan kita semua," ucapnya.

Baca juga : Imam Australia Duduk Bersama Pemuka Lintas Agama Di Jakarta

Sebagai informasi, 30 bus listrik ini merupakan produksi dari BYD (Build Your Dream) dengan agen pemegang merk adalah PT Bakrie and Brothers. Ke 30 bus listrik ini dioperasikan oleh PT Mayasari Bhakti dan akan beroperasi pada rute non-BRT yakni rute 1P (Terminal Senen-Bundaran-Senayan), 1R (Tanah Abang-Terminal Senen), 1N (Blok M-Tanah Abang), dan 6N (Ragunan-Blok M), dengan jam operasional pukul 06.00-21.00 WIB. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.