Dark/Light Mode

Kadin Gelar Forum DNES B20 Indonesia

Arsjad: Pemerataan Akses Digital Dongkrak Ekonomi

Kamis, 31 Maret 2022 06:34 WIB
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid di acara Digitalisasi Nusantara Expo and Summit (DNES) 2022 di Eduto­rium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Selasa (29/3). (Tangkapan layar YouTube Kadin Indonesia)
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid di acara Digitalisasi Nusantara Expo and Summit (DNES) 2022 di Eduto­rium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Selasa (29/3). (Tangkapan layar YouTube Kadin Indonesia)

 Sebelumnya 
Salah satunya, kesenjangan digital masyarakat kota dan desa, karena tidak meratanya infrastruktur komunikasi dan internet.

Menurut Arsjad, Kadin Indonesia melihat digitalisasi ekonomi, digitalisasi Pemerintahan dan swasta akan memainkan peran penting dan strategis di masa depan. Karenanya, Indonesia perlu bersiap diri lebih agresif.

“Forum DNES2022 diharapkan bisa menjadi milestone pemerataan akses digitalisasi di seluruh Indonesia,” harap Arsjad.

Baca juga : Persija Tanpa 3 Pemain Inti Di Laga Pamungkas

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia yang juga Ketua Penyelenggara B20 Shinta Kamdani mengatakan, kunci untuk membuka pertumbuhan ekonomi yang luar biasa di Indonesia, yakni dengan cara membuka kemitraan publik dan swasta.

Selain itu, kita harus menciptakan iklim yang kondusif bagi investor dan mampu memberikan dampak yang luas. “Dengan begitu, misi Indonesia Emas 2045 bisa terwujud,” katanya.

Menurut Shinta, untuk membangun dan mensukseskan program digitalisasi ekonomi yang dicanangkan Pemerintah, pihaknya terus melakukan inovasi dan langkah-langkah strategis. Antara lain, mendampingi UMKM masuk dan mempelajari ekosistem ekonomi digital.

Baca juga : Menkominfo: Lombok Barat Tonggak Sejarah Ekonomi Digital Dunia

“Kami juga meluncurkan Kadin Tech Hub serta melakukan upskilling dan reskilling SDM melalui pendidikan dan pelatihan vokasi,” ujar Shinta.

Dia juga mengatakan, Summit DNES2022 ini merupakan side events B20 Indonesia. Kadin Indonesia sebagai penyelenggaranya, membagi dalam beberapa forum. Dengan mendatangkan berbagai narasumber kompeten di bidang industri digitalisasi.

“Forum dialog akan membahas topik pentingnya transformasi digitalisasi bagi sektor ekonomi. Sekaligus implementasinya bagi penyelenggaraan pelayanan publik Pemerintah Daerah,” pungkas Shinta. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.