Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Buka IIMS 2022

Airlangga Ngarep Pasar Otomotif Bergairah Lagi

Jumat, 1 April 2022 06:30 WIB
Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto membuka Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di kawasan JIEXPO, Kemayoran Jakarta Pusat, kemarin. (Foto: Instagram @airlanggahartarto_official)
Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto membuka Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di kawasan JIEXPO, Kemayoran Jakarta Pusat, kemarin. (Foto: Instagram @airlanggahartarto_official)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto membuka Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di kawasan JIEXPO, Kemayoran Jakarta Pusat, kemarin. Airlangga berharap, ajang ini semakin menggairahkan pasar otomotif di dalam negeri.

“Melalui IIMS, Pemerintah mendukung industri otomotif dan penjulannya. Salah satunya melalui program insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM),” kata Airlangga di Kemayoran, Jakarta, kemarin.

Menurut Ketua Umum Partai Golkar itu, insentif PPnBM telah meningkatkan kembali daya beli masyarakat. Ini terlihat dari realisasi PPnBM sampai dengan Februari 2022 yang mencapai Rp 15,8 miliar.

Baca juga : Aktivitas Bakal Diperketat Lagi

Pada Februari lalu, penjualan mobil tercatat 81 ribu unit, naik 65 persen dibanding tahun lalu. Kemudian untuk kendaraan roda dua di tahun 2021 telah terjual 5,1 juta unit.

Eks Menteri Perindustrian ini optimis, ke depannya pasar otomotif dalam negeri makin bergeliat seiring meredanya pandemi Covid-19.

“Pemulihan ekonomi nasional sudah berada di jalur positif sejak tahun lalu. Bahkan pada kuartal IV- 2021, pertumbuhan ekonomi mencapai 5 persen dan industri otomotif atau alat angkut berkontribusi 4,52 persen,” jelas Airlangga.

Baca juga : Bambang Susantono Ngarep, Perpres Badan Otorita IKN Bisa Segera Terbit

Terkait industri mobil listrik, dalam acara tersebut, Airlangga menyebut, akan ada tiga mobil listrik dari tiga merek otomotif yang diluncurkan di IIMS 2022.

“Ada tiga pabrikan yang rilis mobil listrik. Satu sudah kita ketahui. Dua lagi untuk diketahui kemudian,” ucap Airlangga.

Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, selaku penyelenggara IIMS 2022 mengatakan, pihaknya optimis acara otomotif tahunan ini bisa memberikan warna bagi industri otomotif setelah dihantam pandemi Covid-19.

Baca juga : Airlangga Targetkan Yogyakarta Jadi Lumbung Suara Golkar

Dia berharap, IIMS 2022 yang digelar selama dua pekan ini bisa menstimulasi pasar otomotif nasional melalui sejumlah kendaraan mobil model baru maupun yang sudah meluncur lebih dulu.

“Kami menghadirkan hampir semua brand roda dua dan roda empat. Di antaranya, kendaraan listrik yang jadi prioritas Pemerintah. Ini untuk kelestarian lingkungan dan lebih baik di masa depan,” ujarnya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.