Dark/Light Mode

Pemerintah Pertebal Perlindungan Sosial

Asyik, 8,8 Juta Pekerja Disubsidi Gaji Rp 1 Juta

Rabu, 6 April 2022 06:50 WIB
Ilustrasi Subsidi Gaji. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Subsidi Gaji. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini, Pemerintah kembali memberikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau subsidi gaji bagi pekerja dengan upah di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

“Ada program baru yang diarahkan Bapak Presiden, yaitu bantuan subsidi upah untuk gaji di bawah Rp 3,5 juta, besarnya Rp 1 juta per penerima,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, usai sidang Kabinet Paripurna tentang Antisipasi Situasi dan Perkembangan Ekonomi Dunia di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Dalam program ini, Pemerintah menargetkan 8,8 juta pekerja menerima bantuan subsidi gaji. Sehingga kebutuhan dana untuk program ini sebesar Rp 8,8 triliun.

Baca juga : Pemerintah Bakal Kucurkan BSU Buat 8,8 Juta Pegawai Bergaji Di Bawah Rp 3,5 Juta

Selain subsidi upah, dalam rapat tersebut muncul usulan pemberian bantuan sosial kepada para pelaku usaha mikro. Rencananya, setiap pelaku usaha akan mendapatkan bantuan Rp 600 ribu.

“Usulan ini akan diberikan kepada 12 juta penerima. Jumlahnya sama seperti bantuan yang diberikan pedagang kaki lima, pemilik warung dan nelayan,” bebernya.

Mantan Menteri Perindustrian itu mengatakan, Pemerintah akan terus memberikan subsidi langsung yang terkait dengan para penerima kartu sembako, yang jumlahnya mencapai 18,8 juta jiwa. Termasuk peserta Program Keluarga Harapan (PKH) yang jumlahnya 2 juta keluarga. Mereka menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng sebesar Rp 300 ribu untuk tiga bulan.

Baca juga : MnM Token Kripto Pertama Yang Menggabungkan Sosial Media, NFT, dan Kripto Sekaligus

“Diharapkan bulan Ramadan ini bisa diberikan semuanya. Termasuk melanjutkan program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa,” kata Airlangga.

Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, program BSU bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta merupakan bagian dari Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) tahun anggaran 2022.

Realisasi anggaran PC-PEN hingga 1 April 2022 sebesar Rp 29,3 triliun atau 6,4 persen dari alokasi sebesar Rp 455,62 triliun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.