Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pemerintah Bakal Kucurkan BSU Buat 8,8 Juta Pegawai Bergaji Di Bawah Rp 3,5 Juta

Selasa, 5 April 2022 15:01 WIB
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, sebanyak 8,8 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta akan mendapat Bantuan Subsidi Upah (BSU).

"Berdasarkan arahan Bapak Presiden (Joko Widodo), program Bantuan Subsidi Upah (BSU) akan terus dimatangkan untuk diberikan kepada 8,8 juta tenaga kerja dengan gaji kurang dari Rp 3,5 juta, dan ini dalam waktu dekat akan diumumkan,” ujar Airlangga dalam keterangan resmi, Selasa (5/4).

Berita Terkait : Pemerintah Relaksasi Kebijakan Bagi PPLN, Bebas Visa Bagi Negara Asean

Dijelaskannya, program BSU bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta itu merupakan bagian dari Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) tahun anggaran 2022.

Realisasi anggaran PC-PEN hingga 1 April 2022 sebesar Rp 29,3 triliun atau 6,4 persen dari alokasi sebesar Rp 455,62 triliun.

Berita Terkait : Kendaraan Pemerintah Dan BUMN, Tolong Jangan Pakai BBM Bersubsidi

Kinerja PC-PEN tahun ini didorong oleh klaster Perlindungan Masyarakat, Penanganan Bidang Kesehatan, terutama untuk Percepatan Vaksinasi serta Penguatan Pemulihan Ekonomi di daerah masing-masing.

Untuk anggaran penanganan kesehatan, Airlangga menuturkan realisasi sebesar Rp 1,55 triliun (1,3 persen alokasi), terutama untuk Insentif Perpajakan atas Vaksin dan Alat Kesehatan, dan Penanganan Covid-19 melalui Dana Desa.
 Selanjutnya