Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gunakan Listrik PLN, Peternak Ayam Hemat Hingga Belasan Juta Rupiah

Sabtu, 9 April 2022 15:16 WIB
Sardjono (kiri), peternak ayam dari Kalasan, Yogyakarta merasakan banyak manfaat dari program Electrifying Agriculture PLN. (Dok. Humas PLN)
Sardjono (kiri), peternak ayam dari Kalasan, Yogyakarta merasakan banyak manfaat dari program Electrifying Agriculture PLN. (Dok. Humas PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sardjono, peternak ayam dari Kalasan, Yogyakarta ini tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya. Berkat pasokan listrik dari PT PLN (Persero) ke kandang peternakan ayamnya, usahanya semakin meningkat. Operasional kandangnya kian efisien dan lebih ramah lingkungan.

“Sejak panen 3 bulan terakhir ini, saya dapat menikmati hasil kerja keras yang selama ini saya impikan,” ungkap Sardjono.

Pemilik peternakan ayam berjumlah 15 ribu ekor ini mengakui, program Electrifying Agriculture PLN telah membantunya bisa membuat kandang yang tertutup atau closed house dan membawa dampak positif terhadap usaha peternakan ayam yang dikelolanya itu.

Dengan sistem closed house, Ia dapat meningkatkan kualitas produk dan mengelola usahanya dengan lebih efisien.

Baca juga : PLN Siapkan Listrik Hijau Untuk Industri EV Yang Kembangkan Pabrik Di Indonesia

“Sebelumnya saya menggunakan kandang yang konvensional. Sekarang ini saya membangun kandang tiga lantai dengan kerangka besi dan tertutup,” terangnya.

Dalam mengelola peternakan ayam kandang tertutup, kestabilan suhu menjadi faktor penting untuk menjaga kualitas ternak.

Untuk menjaga suhu kandang, diperlukan peralatan elektronik seperti kipas blower dan penghangat atau heater.

Pada sistem kandang closed farm, listrik memegang peranan penting untuk mengoperasikan blower dan heater yang digunakan mengatur sirkulasi udara dan suhu kandang.

Baca juga : Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Gandeng Himbara Bangun SPKLU

"Dengan suhu dalam kandang tertutup yang lebih terkendali ini, pertumbuhan ayam bisa lebih optimal, sehingga produktivitas meningkat," ujar Sardjono.

Selain itu dibandingkan cara konvensional, kandang ayam modern ini lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan bau, sehingga lebih nyaman bagi masyarakat sekitar.

Adanya pasokan listrik dari PLN ini juga dapat membantu para peternak lebih efisien. Jika menggunakan genset untuk mengoperasikan kipas blower dan penghangat ruangan, dibutuhkan sekitar 3.700 liter solar atau setara sekitar Rp 19 juta per bulannya dengan asumsi harga solar Rp 5.150 per liter.

Sedangkan dengan menggunakan listrik, dalam 4 bulan terakhir Sardjono hanya mengeluarkan biaya rata-rata sekitar Rp 3,7 juta untuk operasional peternakan kandang tertutupnya.

Baca juga : Keras! Ancaman Jokowi Ke Pemda, BUMN, Kementerian Yang Ogah Belanja Produk Lokal

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta, Ahmad Mustaqir menyatakan kesiapan PLN mendukung para peternak ayam dengan memberikan listrik yang handal melalui program Electrifying Agriculture.

“Program Electrifying Agriculture adalah komitmen kami untuk mendukung para pengusaha di bidang agrikultur, seperti peternakan, pertanian, perkebunan, dan perikanan. Program ini juga sebagai upaya PLN dalam mendukung Pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional,“ terang Ahmad.

Pada 2022 ini, penambahan jumlah pelanggan Electrifying Agriculture di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta berjumlah 520 pelanggan dengan total daya 841 kiloVolt Ampere (kVA). [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.