Dark/Light Mode

AP I Prediksi Lonjakan Penumpang Lebaran 452 Persen

Sabtu, 16 April 2022 22:37 WIB
Ilustrasi. Penumpang yang akan mudik Lebaran di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Banten. (Foto Mellani Eka Mahayana/RM)
Ilustrasi. Penumpang yang akan mudik Lebaran di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Banten. (Foto Mellani Eka Mahayana/RM)

 Sebelumnya 
Faik Fahmi menjelaskan, Posko Angkutan Lebaran Terpadu akan beroperasi sesuai jam operasional bandara, serta melibatkan unsur internal AP I, dan eksternal di bandara seperti Kantor Otoritas Bandara, TNI, Polri, BMKG, Airnav Indonesia, Custom-Immigration-Quarantine (CIQ), Kantor Kesehatan Pelabuhan, pihak maskapai, dan ground handling.

"Kami juga telah menyiapkan jaringan CCTV yang terkoneksi dengan Center of Command di Kantor Pusat AP I - Jakarta, serta layanan Contact Center 172 yang beroperasi 24 jam untuk membantu memenuhi kebutuhan informasi terkait penerbangan, dan persyaratan penerbangan bagi pengguna jasa di masa Pandemi Covid-19," imbuhnya.

Baca juga : P&G Indonesia, JD.ID dan Starmoly Tawarkan Promo Belanja Hingga 50 Persen

Lebih lanjut Faik Fahmi mengemukakan bahwa perseroan telah menyiapkan langkah-langkah jika terjadi keadaan darurat serta gangguan yang disebabkan oleh faktor alam hingga force majeure.

"Seluruh bandara AP I sudah memiliki Standard Operating Procedure (SOP) seperti Airport Disaster Management Plan (ADMP), yaitu panduan penanganan operasional khususnya bencana alam serta Airport Emergency Plan (AEP) jika terjadi keadaan darurat & force majeure di bandara," jelasnya.

Baca juga : HNW Sesalkan Perizinan Lembaga PAUDQU & RTQ Dipersulit

AP I juga akan mengandalkan Airport Operation Control Center (AOCC) yang telah hadir di seluruh bandara yang dikelola. AOCC merupakan salah satu upaya perseroan dalam digitalisasi aktivitas operasional bandara, dan implementasi smart airport secara menyeluruh dengan tujuan mewujudkan operational excellence dan service excellence.

Keberadaan AOCC melibatkan seluruh pemangku kepentingan di bandara dengan mengintegrasikan sistem yang dimiliki masing-masing pemangku kepentingan agar dapat beroperasi secara efektif dan efisien.

Baca juga : Fadli Zon Kembali Tegaskan RI Dukung Kemerdekaan Palestina

"Mudik Lebaran tahun ini adalah sesuatu yang dirindukan tidak hanya bagi seluruh pengguna jasa tetapi juga bagi kami selaku operator bandara setelah 2 tahun ditiadakan. Momentum ini diharapkan dapat mendongkrak kinerja bisnis perusahaan baik dari sisi bisnis aeronautika dan non aeronautika serta membawa multiplier effect bagi industri aviasi dan pariwisata secara berkelanjutan," pungkas Faik.[MEL

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.