Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kemajuan Pendidikan Perlu Diimbangi Penguatan Karakter Bangsa

Kamis, 7 April 2022 11:27 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kualitas pendidikan sangat berperan penting untuk masa depan suatu negeri. Wakil Ketua Komisi I DPR Utut Adianto mengingatkan, pendidikan bagi anak di sekolah juga perlu mengangkat karakter bangsa.

"Di Indonesia itu orang pintarnya banyak. Tetapi tetap diperlukan pendidikan yang lebih sistematik serta pendidikan yang mengutamakan karakter," kata Utut dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator dengan tema Pemanfaatan Internet untuk Pendidikan, dikutip Kamis (7/4).

Berita Terkait : Kemenperin Digitaliasi Industri Pengolahan Susu  

Webinar yang diselenggarakan atas kerja sama Ditjen Aptika Kementerian Kominfo dan DPR ini juga dihadiri Dirjen Aptika Semuel A. Pengerapan, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, dan Praktisi dan Pengembangan SDM Teguh Yuwono.

Utut menambahkan, Komisi I DPR bersemangat ikut mendorong kemajuan pendidikan yang berbasis internet. Menurutnya, penerapan teknologi dalam dunia pendidikan perlu perlu diimbangi dengan karakter bangsa Indonesia.

Berita Terkait : Ketua DPR : Lindungi Nelayan Kecil Dari Kapal-Kapal Besar

"Kita paham, internet itu hanya alat untuk memperbaiki pendidikan Indonesia. Yang paling penting adalah bagaimana di tengah situasi yang makin hilang sentuhan kemanusiaan, karakter Indonesia tidak berubah," bebernya.

Dia menjelaskan, tidak ada satu  pun negara hebat yang karakternya lemah. Contohnya, India yang menjadi kekuatan ekonomi keempat di dunia, China yang menjadi kekuatan ekonomi kedua di dunia, bahkan berpotensi menjadi satu, dan Jepang menjadi kekuatan ekonomi ketiga. 

Berita Terkait : Selama Ramadan, Berkarya Bagikan Takjil Di Depan Kantor DPP

Utut pun menyebut, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah menyimpan banyak potensi. Tetapi untuk mengeluarkan potensi tersebut untuk menjadi kenyataan, merupakan pekerjaan yang sangat sulit.

"Selalu perlu desain besar yang baik, perlu unit proses serta orang-orang di lapangan yang tekun dan setia dan terakhir target yang sesuai dengan harapan atau kenyataan yang ada di masyarakat Kebumen," beber Utut.
 Selanjutnya