Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemajuan Pendidikan Perlu Diimbangi Penguatan Karakter Bangsa

Kamis, 7 April 2022 11:27 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kualitas pendidikan sangat berperan penting untuk masa depan suatu negeri. Wakil Ketua Komisi I DPR Utut Adianto mengingatkan, pendidikan bagi anak di sekolah juga perlu mengangkat karakter bangsa.

"Di Indonesia itu orang pintarnya banyak. Tetapi tetap diperlukan pendidikan yang lebih sistematik serta pendidikan yang mengutamakan karakter," kata Utut dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator dengan tema Pemanfaatan Internet untuk Pendidikan, dikutip Kamis (7/4).

Baca juga : Kemenperin Digitaliasi Industri Pengolahan Susu  

Webinar yang diselenggarakan atas kerja sama Ditjen Aptika Kementerian Kominfo dan DPR ini juga dihadiri Dirjen Aptika Semuel A. Pengerapan, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, dan Praktisi dan Pengembangan SDM Teguh Yuwono.

Utut menambahkan, Komisi I DPR bersemangat ikut mendorong kemajuan pendidikan yang berbasis internet. Menurutnya, penerapan teknologi dalam dunia pendidikan perlu perlu diimbangi dengan karakter bangsa Indonesia.

Baca juga : Inovatif dan Peduli Lingkungan, Sharp Raih 6 Penghargaan Bergengsi

"Kita paham, internet itu hanya alat untuk memperbaiki pendidikan Indonesia. Yang paling penting adalah bagaimana di tengah situasi yang makin hilang sentuhan kemanusiaan, karakter Indonesia tidak berubah," bebernya.

Dia menjelaskan, tidak ada satu  pun negara hebat yang karakternya lemah. Contohnya, India yang menjadi kekuatan ekonomi keempat di dunia, China yang menjadi kekuatan ekonomi kedua di dunia, bahkan berpotensi menjadi satu, dan Jepang menjadi kekuatan ekonomi ketiga. 

Baca juga : Ketua DPR : Lindungi Nelayan Kecil Dari Kapal-Kapal Besar

Utut pun menyebut, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah menyimpan banyak potensi. Tetapi untuk mengeluarkan potensi tersebut untuk menjadi kenyataan, merupakan pekerjaan yang sangat sulit.

"Selalu perlu desain besar yang baik, perlu unit proses serta orang-orang di lapangan yang tekun dan setia dan terakhir target yang sesuai dengan harapan atau kenyataan yang ada di masyarakat Kebumen," beber Utut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.