Dark/Light Mode

Insya Allah Full Penumpang

Jokowi Minta Menhub Segera Luncurkan Penerbangan Surabaya-Sumenep & Jakarta-Sumenep Di Bandara Trunojoyo

Rabu, 20 April 2022 13:55 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan Bandara Trunojoyo, Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/4). (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi saat meresmikan Bandara Trunojoyo, Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi optimis, kehadiran Bandara Trunojoyo di Kecamatan Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur yamg diresmikan hari ini, dapat meningkatkan konektivitas dan memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Madura. Serta membuka isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar Pulau Madura.

Selain itu, bandara ini juga akan memangkas waktu tempuh dari pulau-pulau di sekitar Pulau Madura, menjadi satu jam perjalanan. Dibanding kapal yang memerlukan waktu berhari-hari.

“Saya yakin, dengan konektivitas yang semakin baik, mobilitas masyarakat akan semakin mudah dan semakin lancar. Titik-titik perekonomian baru akan tumbuh," kata Jokowi di sela peresmian Bandara Trunojoyo, Sumenep, Rabu (20/4).

Baca juga : Presiden Jokowi Minta Menhub Buka Rute Penerbangan Jakarta-Sumenep

"Insya Allah, usaha baru juga akan bermunculan. Kesempatan kerja baru juga akan bertambah. Di samping itu, usaha-usaha yang sekarang sudah ada juga akan semakin berkembang dan akan semakin maju,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mendorong, agar Bandara Trunojoyo melayani rute penerbangan Surabaya- Sumenep dan Jakarta-Sumenep. Mengambil momen jelang Idul Fitri.

 “Saya minta Pak Menteri Perhubungan, agar diusahakan ada penerbangan yang dari Surabaya ke Sumenep, maupun dari Jakarta ke Sumenep. Kita coba, apakah penuh atau tidak penumpangnya. Menurut saya penuh, Insya Allah penuh,” tandasnya.

Baca juga : Ngasiman Djoyonegoro Luncurkan Buku Sabuk Pertahanan Negara Kepulauan Di Kancah RMA

Bandara Trunojoyo dibangun di atas tanah seluas 34 hektare? dan memiliki landasan pacu sepanjang 1.600 meter.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang, dilakukan pengembangan dengan pembangunan gedung seluas 3.600 meter persegi.

Bandara yang dibangun dengan menggunakan APBN ini melayani penerbangan dengan pesawat jenis ATR dengan rute Madura-Surabaya, Madura-Bawean, Madura-Panurungan, Madura-Banyuwangi.

Baca juga : Garuda Layani Rute Penerbangan Surabaya-Lombok

Selain itu, bandara ini juga berpotensi untuk melayani penerbangan dengan rute Madura-Banjarmasin, Madura-Jakarta, dan Madura-Bali.

Peresmian Bandara Trunojoyo turut dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.