Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berkah Di Tengah Pandemi

Angkasa Pura I Terima Penerbangan Tambahan Angkutan Kargo Di 9 Bandara

Kamis, 30 April 2020 12:55 WIB
Angkutan Kargo di Bandara. (Ilustrasi)
Angkutan Kargo di Bandara. (Ilustrasi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski ada larangan mudik, Angkasa Pura I masih ketiban berkah di tengah pandemi Covid-19. Pengelola bandara di kawasan timur Indonesia ini mandapat permintaan jadwal tambahan penerbangan angkutan kargo di 9 bandara.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengungkapkan, ada permintaan _extra flight_ untuk penerbangan yang mengangkut logistik oleh pesawat yang biasanya mengangkut penumpang.

Disebutkan, ada 9 bandara Angkasa Pura I yang menerima permintaan _extra flight_ untuk mengangkut logistik atau kargo, yaitu :

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sentani Jayapura, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara El Tari Kupang, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dan Bandara Sam Ratulangi Manado. 

Baca juga : Pemerintah Siap Terima Kedatangan Pekerja Migran Kita

"Angkasa Pura I mendukung penuh maskapai yang mengalihfungsikan pesawat yang biasa mengangkut penumpang menjadi pesawat pengangkut logistik atau kargo, melalui pengaturan prioritas bersama perusahaan kargo lainnya, berdasarkan waktu kedatangan barang di terminal kargo bandara," tutur Faik.

Menurutnya, alih fungsi ini bakal memperlancar arus kargo yang sempat tertunda pengirimannya karena banyaknya pembatalan penerbangan lanjutan akibat tingkat keterisian penumpang yang tidak mencukupi kuota untuk terbang.

Agar arus pengiriman logistik dapat berjalan lancar pada masa aturan larangan mudik dan masa pandemi Covid-19 ini. Angkasa Pura I pun melakukan koordinasi ketat dengan maskapai dan perusahaan kargo. 

Sejalan dengan itu, lanjut Faik Fahmi, Angkasa Pura I juga melakukan koordinasi yang intesif dengan pihak maskapai agar konektivitas angkutan logistik udara di wilayah tengah dan timur Indonesia tetap terjaga di tengah masa pandemi ini, khususnya pada masa larangan mudik ini.

Baca juga : Ini Maskapai Penumpang Yang Operasikan Angkutan Kargo di Bandara Soekarno Hatta

Adapun total penerbangan kargo di 9 bandara Angkasa Pura I pada 25-28 April 2020 yaitu 409 penerbangan (204 kedatangan dan 205 keberangkatan) dengan total kargo sebanyak 2.315.627 kg.

Tiga bandara utama dengan trafik kargo tertinggi pada periode ini yaitu: 1. Bandara Sentani Jayapura dengan 243 penerbangan (121 kedatangan dan 122 keberangkatan) dan trafik kargo sebesar 1.124.142 k. 2. Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 62 penerbangan (33 kedatangan dan 29 keberangkatan) dan trafik kargo sebesar 432.380 kg. 3. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 17 penerbangan (8 kedatangan dan 9 keberangkatan) dan trafik kargo sebesar 204.284 kg. 

Disebutkan, tren permintaan _extra flights_ untuk mengangkut logistik ini lebih awal terjadi di Bandara Sentani Jayapura, sejak penerapan kebijakan Gubernur Papua untuk menutup akses masuk orang atau penumpang baik melalui laut maupun udara pada 26 Maret, sehingga penerbangan dari dan ke Bandara Sentani Jayapura hanya melayani penerbangan kargo saja. 

Tren _extra flights_ kargo tersebut kemudian dilanjutkan di Bandara SAMS Sepinggan yang dilakukan sejak 10 April 2020 dan terus berlanjut hampir setiap hari dengan 2 penerbangan per harinya (datang dan berangkat) hingga 28 April kemarin. 

Baca juga : Antisipasi Kekurangan Pangan Di Tengah Pandemi, BPIP Serukan Gerakan Menanam

Adapun maskapai yang mengajukan _extra flights_ tersebut di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, dan Sriwijaya Air dengan tujuan Jakarta-Cengkareng, Makassar, dan Palu.

Sementara di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, sejak 25 April 62 penerbangan (33 kedatangan dan 29 keberangkatan) dan trafik kargo sebesar 432.380 kg. 

Penerbangan kargo dilakukan oleh maskapai Garuda Indonesia, Wings Air, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air, My Indo Airlines, Trigana Air, Cardig Air dengan tujuan Timika, Jakarta-Cengkareng, Ambon, Babo (Papua Barat), Jakarta-Halimperdanakusuma, Balikpapan, Surabaya, Sorong, Sentani, Soroako (Sulawesi Selatan), Kendari.

Sebagai informasi, trafik kargo 14 bandara Angkasa Pura I pada 2019 mencapai 427.135.421 kg. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.