Dark/Light Mode

Puluhan Ribu Orang Mudik Naik Kereta Api Di H-10, Ini Rute Favorit

Sabtu, 23 April 2022 16:08 WIB
Ribuan penumpang mulai memadati stasiun kerata api untuk mudik Lebaran.
Ribuan penumpang mulai memadati stasiun kerata api untuk mudik Lebaran.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat  sebanyak 66.676 pelanggan menggunakan kereta api ke berbagai daerah untuk  mudik Lebaran, pada Selasa (22/4),.

Adapun okupansi kereta pada H-10 Lebaran tersebut mencapai 57 persen dari 117.060 tempat duduk yang disediakan. Jika dibandingkan dengan pekan lalu, terdapat peningkatan sebesar 6 persen, di mana pada 15 April 2022 KAI melayani 62.757 pelanggan KA Jarak Jauh. Rute yang menjadi favorit pelanggan pada keberangkatan H-10 Lebaran adalah rute Jakarta-Yogyakarta pp, Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Bandung pp, dan Jakarta-Semarang pp.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan, KAI mengajak, masyarakat untuk dapat segera mudik menggunakan kereta api untuk mengurangi kepadatan menjelang hari Lebaran. Hal tersebut, juga sesuai anjuran Presiden Joko Widodo yang meminta masyarakat untuk mudik lebih awal dan menggunakan angkutan kereta api.

Baca juga : DAMRI Layani Pelanggan Mudik Dari Dan Menuju Lampung, Ini Tarif Tiketnya

KAI melihat, pada keberangkatan PADA 23 sampai 27 April, atau H-9 hingga H-5, jumlah tempat duduk yang disediakan masih cukup tersedia karena rata-rata okupansinya masih sekitar 48 persen. Sedangkan untuk keberangkatan 28 April sampai 1 Mei, atau H-4 sampai H-1, tiket sudah mulai terbatas karena rata-rata okupansinya sudah mencapai 70 persen.

"Khusus untuk rute-rute favorit pada keberangkatan menjelang Hari Lebaran, tiketnya sudah habis terjual seperti Jakarta ke Yogyakarta, Surabaya, Solo, Semarang, dan lainnya," ujar Joni.

Secara umum sampai dengan 23 April, untuk periode keberangkatan 22 April sampai 13 Mei, KAI telah menjual 1.371.081 tiket atau 53 persen dari total kapasitas tempat duduk KA jarak jauh yang disediakan. Tanggal yang menjadi favorit masyarakat untuk mudik adalah keberangkatan pada 29 dan 30 April, atau H-3 dan H-2 Lebaran.

Baca juga : Alsintan Dorong Modernitas Pertanian Sumatera Barat

Pada masa angkutan Lebaran 2022 ini, KAI akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang akan mudik naik kereta api sehingga pelanggan akan merasa nyaman saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan. KAI juga akan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin sehingga perjalanan kereta api di masa angkutan Lebaran tetap sehat dan selamat.

KAI juga masih menyediakan layanan angkutan Motor Gratis menggunakan kereta api serta penjualan tiket Angkutan Lebaran khusus bagi peserta Motis dalam rangka meningkatkan keselamatan pemudik dan mengurangi kepadatan di jalan raya.

"KAI mengajak masyarakat untuk dapat segera mudik dengan kereta api karena jumlah tiket untuk mudik awal masih cukup tersedia. Pembelian tiket juga cukup mudah bisa melalui aplikasi KAI Access, web KAI, serta berbagai channel resmi penjualan tiket KAI lainnya," tutup Joni.[KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.