Dark/Light Mode

Perdana, KAI Logistik Sediakan 6.756 Kuota Angkutan Motor Gratis

Selasa, 26 April 2022 21:20 WIB
Foto: KAI Logistik
Foto: KAI Logistik

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero), melalui KAI Logistik telah memberangkatkan rangkaian KA Angkutan Motor Gratis (Motis) 2022 secara perdana di stasiun Jakarta Gudang, Di mana, ini merupakan penugasan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Pelepasan perdana Angkutan Motis Selasa (26/4), langsung dilakukan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri didampingi Direktur Lalu Lintas dan Angkutan KA M. Risal Wasal.

Hadir pula Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa, Executive Vice President (EVP) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta Suryawan Putra Hia, dan Direktur Utama KAI Logistik, TLN Ahmad Malik Syah.

Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah mengatakan, kehadiran angkutan Motis gratis ini bertujuan untuk mengakomodasi antusiasme masyarakat yang belum memiliki tiket mudik.

Baca juga : KAI Sediakan Tiket Angkutan Lebaran Khusus Peserta Motis

Karenanya, pada keberangkatan perdana angkutan Motis 2022, terdapat total 153 unit sepeda motor melalui dua rangkaian KA yaitu lintas utara dan lintas selatan.

"Perjalanan tersebut akan menempuh waktu sekitar 8-9 jam," ujarnya, di Jakarta, Selasa (26/4).

Ia menyampaikan, pendaftaran telah dibuka sejak 20 April 2022, melalui online di https://bit.ly/motis2022 maupun pendaftaran langsung di stasiun-stasiun yang melayani Motis.

Menurutnya, sejak pendaftaran dibuka, data pendaftar Motis yang terhimpun per 25 April 2022 pukul 16.00 WIB, tercatat sebanyak 2.524 peserta untuk periode arus mudik maupun arus balik. Dengan jumlah peserta yang menggunakan moda KA sebanyak 2.238.

Baca juga : KAI Laksanakan Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2022

"Masih ada 6.756 kuota Motis yang dapat dimanfaatkan masyarakat," ujarnya.

Pihaknya juga menyediakan loket khusus pembelian tiket KA di stasiun yang melayani Motis dengan rute Pasar Senen – Semarang Tawang dan Pasar Senen– Purwosari dengan sisa kuota sejumlah 12.441 tempat duduk.

 “Puncak pengiriman tercatat akan terjadi pada 29 April 2022, yang merupakan hari pertama dimulainya cuti bersama dengan jumlah 417 pendaftar, diikuti 27 dan 30 untuk arus mudik," ujarnya.

Sementara arus balik telah menunjukkan tren peningkatan pendaftaran dan akan terjadi puncak pengiriman mulai 7–9 Mei 2022. Selain itu, jumlah pendaftaran diprediksi akan terus meningkat hingga batas maksimal kuota selama pendaftaran masih terbuka.

Baca juga : Horeā€¦ Kemenhub Tambah 10.500 Kuota Mudik Gratis

Ia menambahkan, selama proses pengiriman, peserta Motis dapat melakukan pelacakan mandiri melalui aplikasi KAI Access atau portal kalogistics.co.id dengan memasukkan nomor pengiriman atau Bukti Tanda Terima (BTT).

"Peserta Motis juga akan menerima SMS Notifikasi kedatangan motor. Jadi, bisa segera diambil di stasiun tujuan dengan batas pengambilan 1x24 jam. Peserta cukup menunjukkan dokumen asli berupa KTP, STNK dan BTT kepada petugas," pungkasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.