Dark/Light Mode

Tahap Pertama Ludes Diserbu Pemudik

Hore… Kemenhub Tambah 10.500 Kuota Mudik Gratis

Senin, 18 April 2022 06:30 WIB
Petugas memindai kode batang pendaftaran daring mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengambil tiket di Kantor Dishub Kota Tangerang, Tangerang, Banten, Kamis (14/4/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc).
Petugas memindai kode batang pendaftaran daring mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengambil tiket di Kantor Dishub Kota Tangerang, Tangerang, Banten, Kamis (14/4/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah 10.500 kuota mudik gratis setelah kursi tahap pertama ludes diserbu pemudik. Untuk masyarakat yang berminat ikut program tersebut, sudah bisa mendaftar mulai hari ini.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, program Mudik Gratis 2022 tahap pertama dengan jumlah kuota yang sama sudah habis diserbu masyarakat. Animo masyarakat untuk menggunakan fasilitas mudik gratis cukup tinggi.

“Pak Menteri (Menhub Budi Karya Sumadi-red) minta lagi. Jadi, saya tambah Rp 10 miliar lagi. Semuanya jadinya Rp 20 miliar. Saya akan buka lagi kuota mudik gratis tahap kedua,” katanya di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Asik, Kemenhub Kembali Gelar Layanan Mudik Gratis

Budi menjelaskan, mudik gratis ini berlaku untuk masyarakat dan sepeda motor yang bisa dibawa dari Jakarta untuk beberapa kota tujuan di Jawa Tengah maupun Jawa Barat.

Menurutnya, dengan tambahan anggaran ini, Kemenhub dapat menambah sekitar 686 unit bus dengan jumlah penumpang sekitar 50.580 orang.

“Kami juga dapat tambahan jumlah truk sebanyak 64 unit. Dengan demikian, sepeda motor yang bisa diangkut mencapai 1.920 motor,” ungkapnya.

Baca juga : Harga Pertamax Diusulkan Naik, Kementerian ESDM Masih Pelototi Harga Minyak Dunia

Budi menuturkan, tambahan anggaran kuota mudik berasal dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Selain anggaran, Kemenhub menambah kota tujuan mudik gratis.

“Tadinya hanya 14 kota, sekarang ditambah dengan 12 kota lainnya. Jadi, semuanya 26 kota tujuan,” ujar Budi.

Baca juga : Penyandang Disabilitas Mental Butuh Obat Gratis

Adapun, 12 kota tujuan tambahan tersebut adalah Slawi, Pemalang, Pati, Jepara, Blora, Purwodadi, Cilacap, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Ngawi, dan Surabaya. Sebelumnya, Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo dan Klaten. Kemudian ke Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen dan Purwokerto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.