Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang Lebaran, Ini Produk UMKM Yang Banyak Dibeli Di Tokopedia

Rabu, 27 April 2022 17:10 WIB
Media Gathering bersama Tokopedia. (Foto: ist)
Media Gathering bersama Tokopedia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Makanan dan minuman, kesehatan, rumah tangga, elektronik dan perawatan diri menjadi kategori paling laris selama kampanye Tokopedia Ramadan Ekstra pada periode 25 Maret-20 April 2022, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Parsel Ramadan dan Lebaran berisi cokelat, kue kering, dan diffuser pengharum ruangan menjadi produk yang paling banyak dicari masyarakat lewat Tokopedia,” ungkap Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, Rabu (27/3).

Di sisi lain, menjelang Lebaran 2022 data periode 11-20 April 2022, kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya adalah makanan dan minuman, fashion, perawatan diri dan kecantikan.

Baca juga : Jelang Lebaran, Apical Group Gelar Bazaar Migor Murah

Di kategori makanan dan minuman, produk yang paling diburu meliputi makanan dan minuman siap dikonsumsi, teh dan hampers buah. Sedangkan di kategori fashion, produk seperti baju ihram, jilbab anak serta jaket batik perempuan menjadi yang paling laris.

Pada kategori perawatan diri, parfum untuk perempuan, parfum khusus rambut serta krim tirai (sunblock) untuk badan adalah beberapa produk paling laku. Lalu di kategori kecantikan, produk maskara, krim tirai (sunblock) untuk wajah serta bedak wajah menjadi produk paling dicari.

Tren belanja di Tokopedia selama Ramadan atau menjelang Lebaran 2022 turut didorong oleh deretan inisiatif bagi masyarakat Indonesia termasuk UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia. Selain Tokopedia Ramadan Esktra, ada Tokopedia NOW! layanan 24 jam dalam 7 hari.

Baca juga : Jelang Mudik Lebaran 2022, Permintaan Produk Antimo Meningkat

Memungkinkan masyarakat mendapatkan produk kebutuhan harian (sembako, daging, sayur, buah dan sebagainya) dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.

“Jadi belanja makanan untuk sahur dua jam sebelumnya pun dimungkinkan berkat kehadiran 24/7 Tokopedia Now!,” tambah Ekhel.

Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat. Ramadan in Style yang menggandeng UMKM lokal di industri fashion termasuk fashion muslim, salah satunya Wearing Klamby. Kenaikan transaksi Wearing Klamby mencapai hingga 300 persen di Lebaran 2021.

Baca juga : Ade Yasin Senasib Kakaknya, Dicokok KPK

Selain itu, ada kampanye Parsel Ramadan yang menghadirkan ribuan pilihan parsel mulai dari Rp50 ribuan. Contoh UMKM yang ikut dalam kampanye ini adalah Dekayu Indonesia. Transaksi Dekayu meningkat lebih dari empat kali lipat di Ramadan 2021 dibanding periode yang sama di bulan sebelumnya. Tokopedia juga menyiapkan materi edukasi #SIAPRAMADAN 2022 untuk memaksimalkan penjualan UMKM lewat Pusat Edukasi Seller. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.