Dewan Pers

Dark/Light Mode

Cegah Penyebaran Covid-19 Saat Mudik

Jangan Lupa Pakai Masker Medis

Senin, 25 April 2022 07:55 WIB
Calon penumpang bersiap naik ke dalam bus untuk menuju kampung halamannya di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Minggu (24/4/2022). (Foto: Rizki Syahputra/RM.id)
Calon penumpang bersiap naik ke dalam bus untuk menuju kampung halamannya di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Minggu (24/4/2022). (Foto: Rizki Syahputra/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Prof Tjandra Yoga Aditama berpendapat, masker medis masih relevan digunakan masyarakat. Khususnya, yang hendak mudik ke kampung halaman. Bahkan, kalau bisa, gunakan jenis masker KN95 atau N95.

“Tergantung dari berapa besar risiko penularannya,” ujarnya, kemarin. Hal yang sama juga digaungkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Dia mengimbau seluruh masyarakat tetap disiplin memakai masker, meski kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Tanah Air saat ini jauh lebih rendah ketimbang negara-negara lain. Diingatkannya, dengan memakai masker, masyarakat bakal terlindungi dari penularan Covid-19 sehingga dapat menjalankan kegiatan mudik secara aman.

Berita Terkait : Waspada, Jangan Kepedean

Penggunaan masker juga sudah menjadi gaya hidup yang melekat di masyarakat. Terbukti, dengan banyaknya warna masker yang diproduksi, senada dengan warna pakaian yang digunakan. Karena itu, seharusnya penggunaan masker bukan lagi hal asing bagi masyarakat. “Tidak usah terburu-buru untuk mengikuti negara lain yang terlalu agresif, tapi kemudian menyebabkan kasusnya kembali naik,” ingat Budi.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu menuturkan, beberapa negara, seperti China, Hong Kong, dan Korea Selatan, masih menunjukkan kenaikan kasus yang tinggi. Menyentuh ratusan ribu per harinya. Selain tingginya kasus Covid-19 di sejumlah negara, ingat Budi, masih banyak pula yang harus diketahui dari perkembangan virus SARS-CoV-2 di masa depan.

Berita Terkait : Pandemi Belum Selesai PPKM Masih Dibutuhkan

Dia pun berharap, tidak ada satu pun pihak yang bersifat sombong ataupun jemawa terha­dap kondisi pandemi yang landai saat ini. [JAR]