Dark/Light Mode

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Layani Penerbangan Rute Internasional Reguler

Jumat, 29 April 2022 22:17 WIB
Penerbangan AirAsia asal Kuala Lumpur menjadi penerbangan internasional pertama yang beroperasi. Maskapai AirAsia disambut dengan prosesi seremonial water salute dari dua mobil pemadam kebakaran milik PT Angkasa Pura I. (Dok. Angkasa Pura I).
Penerbangan AirAsia asal Kuala Lumpur menjadi penerbangan internasional pertama yang beroperasi. Maskapai AirAsia disambut dengan prosesi seremonial water salute dari dua mobil pemadam kebakaran milik PT Angkasa Pura I. (Dok. Angkasa Pura I).

 Sebelumnya 
Menurut jadwal, penerbangan ini akan beroperasi dengan frekuensi 2 kali per minggu, yaitu pada hari Kamis dan Sabtu.

Maskapai AirAsia menggunakan pesawat jenis Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang, sehingga pada penerbangan perdana ini load factor pesawat mencapai 78 persen.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Wahyudi, berharap penerbangan perdana ini dapat menjadi awal yang baik bagi penerbangan internasional di bandara yang dipimpinnya tersebut.

Baca juga : Dubes Iran Peringati Hari Internasional Al-Quds Sambil Bukber

“Sebelum pandemi, AirAsia melayani penerbangan luar negeri setiap hari. Semoga seiring berjalannya waktu dan apabila kondisi semakin baik, Air Asia dapat kembali beroperasi setiap hari,” ujar Wahyudi.

Sejak ditetapkan kembali sebagai entry point penerbangan internasional pada awal Februari 2022, Angkasa Pura I mencatat peningkatan jumlah trafik pergerakan pesawat dan penumpang rute internasional.

Hingga triwulan pertama tahun 2022, Angkasa Pura I mencatat telah melayani sebanyak 1.382 pergerakan pesawat udara, serta 43.955 penumpang rute internasional.

Baca juga : Pelita Air Rilis Penerbangan Perdana Reguler Rute Jakarta-Bali

Jika dirinci, jumlah pergerakan pesawat di bulan Maret 2022 yang mencapai 695 pergerakan pesawat mengalami pertumbuhan sebesar 127 persen jika dibandingkan dengan catatan bulan Februari 2022 yang sebanyak 306 pergerakan pesawat.

Untuk pergerakan penumpang rute internasional di bulan Maret 2022, Angkasa Pura I mencatat telah melayani sebanyak 37.208 penumpang, atau mengalami pertumbuhan hingga 686 persen jika dibandingkan dengan catatan di bulan Februari 2022 di mana terdapat 4.731 penumpang terlayani.

Sedangkan untuk catatan bulan April, Angkasa Pura I mencatat hingga tanggal 26 April, sebanyak 905 pergerakan pesawat dan 127.488 penumpang rute internasional telah terlayani.

Baca juga : Pelni Berangkatkan Kapal Mudik Gratis Dari Pelabuhan Priok

Setelah menurunkan penumpang, pesawat yang sama kembali mengudara untuk terbang ke Kuala Lumpur pada pukul 11.25 WITA dengan membawa 66 penumpang. Penerbangan ini menggunakan nomor penerbangan AK331. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.