Dark/Light Mode

Gunakan Energi Hijau, PLN UID Jaya Siap Pasok Listrik Tanpa Kedip Untuk Ajang Balap Formula E

Kamis, 12 Mei 2022 19:55 WIB
Foto: PLN UID Jaya
Foto: PLN UID Jaya

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melalui PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) siap memasok listrik hijau ramah lingkungan, bebas polusi udara dan suara guna mendukung penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E.

General Manager PLN UID Jaya Doddy B. Pangaribuan mengatakan, pihaknya melakukan pengecekan akhir terhadap progres pembangunan gardu listrik dengan kapasitas daya 20 MVA (Mega Volt Ampere) yang ada di area sirkuit.

Serta, saluran kabel tegangan menengah (SKTM) yang telah digelar sepanjang 6,8 kilometer sirkuit (kms). Hal ini guna memastikan, infrastruktur listrik tersebut siap dioperasikan pada perhelatan Formula E, Juni mendatang.

Baca juga : Sinergi Bareng Pelindo III, PLN Pasok Listrik Untuk Pedagang Di Pelabuhan Gili Mas

"Untuk pembangunan gardu sudah 90 persen dan rencananya selesai 100 persen pada 25 Mei 2022," ujarnya, saat kunjungan ke proyek sirkuit Formula E di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis (12/5).

Sementara itu, daya listrik yang dibutuhkan dalam ajang balap mobil listrik tersebut hanya sebesar 7 MVA. Sehingga, kapasitas yang ada lebih dari yang dibutuhkan.

Menurutnya, kebutuhan daya juga akan dipenuhi PLN dari energi hijau yang terjamin dalam produk Renewable Energy Certificate (REC).

Baca juga : Kemudahan Dalam Genggaman, PLN Mobile Siap Layani Kebutuhan Pelanggan Saat Lebaran

“Melalui REC, kami memastikan energi yang digunakan berasal dari pembangkit listrik berbasis energi terbarukan (EBT) yang diaudit oleh sistem tracking internasional, APX TIGRs yang berlokasi di California, Amerika Serikat (AS)," jelasnya.

Dengan begitu, penyelenggara Formula E dapat membuktikan eksistensinya dalam mengurangi emisi karbon yakni dengan menggunakan energi yang berasal dari pembangkit EBT di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, yaitu “Jakarta Langit Biru” untuk mendukung terciptanya udara bersih di Jakarta. Di mana, target Jakarta menjadi kota nol emisi pada 2050, dimulai dengan transportasi bebas emisi, berkelanjutan dan sistem transportasi terintegrasi. Karena itu, penyelenggaraan Formula E ini juga bertujuan untuk mengkampanyekan udara bersih Jakarta.

Baca juga : PLN UIP JBB Sokong Listrik Untuk KEK Tanjung Lesung

"Kami siap mendukung penyelenggaraan Formula E dengan energi ramah lingkungan, bebas polusi udara dan suara dari produk energi terbarukan," ujarnya

Adapun, total investasi untuk memenuhi kebutuhan listrik Formula E mencapai Rp 7 miliar. Ia pun memastikan, dalam hal keandalan listrik, pihaknya sudah menyiapkan empat lapis pasokan listrik.

"Termasuk, menggunakan Uninterruptible Power Supply (UPS) yang dapat menjamin listrik tanpa kedip," pungkasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.