Dark/Light Mode

Wacana Bangun Pabrik

Menteri Teten : Koperasi Petani Sawit Siap Penuhi Pasokan Minyak Goreng Dalam Negeri

Selasa, 24 Mei 2022 19:07 WIB
Foto: Dok. Kemenkop UKM
Foto: Dok. Kemenkop UKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyebut, sejumlah koperasi petani sawit di seluruh Indonesia siap memenuhi kebutuhan pasokan minyak goreng (migor) dalam negeri. Apalagi pasca dibukanya kembali keran ekspor CPO, dipastikan pasokan migor dalam negeri terpenuhi.

Hal ini diungkapkan Menteri Teten usai mengadakan pertemuan dengan Forum Petani Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Fortasbi), pada Selasa (24/5). Di mana sudah saatnya petani sawit berkoperasi, agar bisa mengakselerasi hilirisasi dan memenuhi kebutuhan migor dalam negeri. Audiensi ini sekaligus sebagai tindak lanjut pertemuan Fortasbi dengan Presiden Jokowi pada 23 Maret 2022.

Baca juga : Puan: Awasi Ketat Harga Minyak Goreng Di Pasaran!

“Salah satu pesannya adalah, supaya asosiasi petani bisa membangun pabrik minyak sawit merah atau minyak makan merah. Serta inisiatif Kelompok Petani Sawit Swadaya, untuk berperan dalam tata produksi minyak sawit dan minyak goreng melalui organisasi koperasi,” tegas Teten.

Ia mengungkapkan, akan ada piloting pembangunan pabrik pengolahan minyak sawit merah di sejumlah lokasi, yaitu Kalimantan Tengah, Riau, dan Jambi. Termasuk membentuk gugus tugas pembangunan pabrik minyak sawit merah yang melibatkan Kemenkop UKM, LPDB-KUMKM, BPDPKS, serta asosiasi dan organisasi petani.

Baca juga : Kemendagri Minta Pemda Bangun Kerja Sama Dengan Mitra Dalam & Luar Negeri

Tujuannya adalah untuk mewujudkan keinginan petani sawit menjadi bagian supply chain minyak goreng di dalam negeri sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani sawit.

“Jadi para petani tak harus pusing lagi di mana menjual buah tandan segar (TBS) sawit,” ujar Teten.

Baca juga : Senin 23 Mei, Keran Ekspor Minyak Goreng Dibuka Lagi

Diakuinya, saat sebelum pandemi Covid-19 melalui program korporatisasi petani salah satunya yang menjadi sasaran adalah petani sawit agar kesejahteraan mereka bisa menjadi lebih baik lagi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.