Dark/Light Mode

Sah, Pertamina Kelola 100 Persen Blok Raja/Pendopo

Jumat, 5 Juli 2019 17:43 WIB
Serah terima pengelolaan Wilayah Kerja (WK) Raja/Pendopo
Serah terima pengelolaan Wilayah Kerja (WK) Raja/Pendopo

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina resmi mengambil alih 100 persen pengelolaan Wilayah Kerja (WK) Raja/Pendopo. Blok migas ini semula dioperasikan oleh Joint Operating Body Pertamina Golden Spike Indonesia Ltd.

Seremoni Alih Kelola dilaksanakan di Air Itam Productions Facilities yang berada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Sumatera Selatan, Jumat (5/7).

Baca juga : Pertamina-Eximbank Korsel Teken Framework Agreement Rp 21 T

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Meidawati mengatakan, pengelolaan WK Raja/Pendopo oleh PHE Raja Tempirai merupakan tantangan baru bagi perseroan. “Bagaimana ke depan kami menjalankan amanah pemerintah dengan sebaik mungkin," katanya.

"Dengan sumber daya manusia yang kami miliki serta dukungan para stakeholders, kami yakin pengelolaan WK Raja/Pendopo ini akan berdampak positif dalam mendukung ketahanan energi nasional," tambah Meidawati.

Baca juga : CSR Pertamina RU IV Cilacap Kembangkan Pertanian Ramah Lingkungan

Kepala Divisi Operasi Produksi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) Ngatijan mengaku optimistis, PHE Raja Tempirai akan mengelola WK Raja/Pendopo dengan lebih progresif. 

"Kami percaya ke depan, PHE Raja Tempirai sudah menyiapkan strategi untuk mengoptimalkan produksi maupun melakukan eksplorasi cadangan migas sesuai Komitmen Kerja Pasti (KKP) dimana selama 2 tahun pertama akan melakukan studi GGRP dan di tahun selanjutnya akan dilakukan pengeboran eksplorasi dan pengeboran eksploitasi,“ ujarnya.

Baca juga : Bisnis Remitansinya Naik 14 Persen, BRI Raup FBI Rp 41,6 Miliar

Luas WK Raja/Pendopo saat ini sebesar 531,28 kilometer persegi (km2). Blok ini memiliki total 30 sumur, 12 sumur produksi, 3 sumur injeksi,15 sumur non produksi.

Pemerintah melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral telah menetapkan Production Sharing Contract (PSC) WK Raja/Pendopo berakhir pada 5 Juli 2019 jam 24.00 WIB. Dan pengelolaan selanjutnya akan menggunakan PSC dengan skema bagi hasil gross split oleh operator PHE Raja Tempirai. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.